Apa Fungsi Sebenarnya “Refresh” Pada Windows

Sering kali kita melihat orang-orang mengklik Refresh pada Windows berkali-kali dengan harapan suapaya komputernya menjadi lebih cepat, Namun tahukah kita fungsi sebenarnya dari Refresh pada Windows itu sendiri ?
Biasanya, Refresh ini kita temukan pada desktop dan Windows Explorer, namun sebenarnya fitur ini sendiri tidaklah berppengaruh pada kinerja komputer. Karena sebenarnya fungsi dari Refresh sneidir yaitu berfungsi seperti reload pada web browser, yaitu memuat dan menampilkan kembali isi dari halaman web yang dibuka. Jadi Refresh pada Windows hanyalah berfungsi untuk memmuat dan menampilkan ulang isi dari folder dan desktop komputer saja.

Dan berikut dibawah ini adalah waktu yang tepat mengklik refresh, yaitu ketika terjadi masalah-masalah dibawah ini :
1. Desktop komputer tidak benar dalam menampilkan file atau folder yang baru kita buat, pindahkan, hapus atau modifikasi.
2. Ketika harus merapihkan icons yang berantakan pada desktop.
3. Ketika tidak bisa menggunakan icons yang ada pada desktop.
4. File yang dibuat di desktop/folder oleh aplikasi lain tidak dapat muncul.
5. Dan dalam situasi yang sama dimana isi desktop atau folder tidak berubah sebagaimana mestinya.

Dan nntuk mengatasi beberapa masalah diatas, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F5 maupun klik kanan mouse dan pilih opsi refresh. Namun sayangnya orang-orang suka me-refresh desktop secara terus-menerus dan seakan-akan sudah menjadi tradisi yang sulit untuk dihilangkan.

Kenapa Windows terasa sangat berat setelah digunakan untuk bermain game dan kembali cepat setelah melakukan Refresh berulang-ulang ? Game merupakan salah satu program yang bisa memakan memori (RAM) cukup besar, hal tersebut tentu saja sangat mengganggu penggunaan memori program lain termasuk juga windows, apalagi komputer yang digunakan memiliki RAM yang kecil. Misalnya, anda memiliki laptop dengan RAM 4 GB, Maka ketika anda bermain Game , game tersebut akan menggunakan resource (CPU,GPU, RAM) sebanyak-banyaknya supaya tidak lag, sehingga program lainnya hanya kebagian memori yang sangat sedikit. Dan ketika sudah selesai bermain game, windows akan terasa berat karena windows dan program lainnya harus membutuhkan waktu untuk menyesuaikan penggunaan memori. Dan disinilah biasanya tradisi mengklik refresh berkali-kali muncul, padahal sebenarnya kita hanya butuh menunggu hingga Windows menyesuaikan penggunaan memorinya.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?