Apakah Menutup Layar Ketika Shutdown Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak

Salah satu ciri khas dari laptop yaitu layarnya yang bisa di buka tutup, namun tahukah anda bahwa menutup layar laptop tidak bisa sembarangan. Terutama pada bagian layar LCD laptop tersebut, bahkan menutup layar ketika shutdown dapat membuat laptop menjadi cepat rusak.

Biasanya kita mematikan laptop dengan cara shutdown atau hibernate, lalu kemudian menutup layarnya dan memasukannya kedalam tas begitu saja. Namun ternyata hal tersebut kurang baik untuk laptop kita, Karena beberapa alasan di bawah ini :

Arus Listrik Yang Kuat
Ketika saat booting dan shutting down, power supply akan mengalirkan sebagian arus listrik yang besar ke semua komponen yang terdapat di laptop kita. Termasuk salah satunya adalah ke bagian LCD atau layar laptop.
Untuk itulah ketika saat proses booting dan shutting down berlangsung maka sebaiknya anda tidak menutup atau menggerakkan layar laptop anda, karena akan dikhawatirkan arus listrik yang masuk menjadi tidak stabil sehingga akan merusak komponen yang terdapat di laptop anda, terutama pada bagian layar LCDnya.

Processor & VGA Yang Panas
Processor dan VGA merupakan komponen yang cukup penting dan mampu menghasilkan panas pada laptop. Komponen ini biasanya terdapat di bagian awah keyboard laptop. Ketika anda menggunakan latop dengan waktu yang cukup lama, apalagi di dalam ruangan tanpa pendingin udara, maka biasanya akan menyebabkan hawa panas yang keluar dari laptop. Dan jika anda langsung menutup layar laptop ketika proses shutdown sedang berlangsung maka dikhawatirkan hawa panas tersebut akan berkumpul dan mengenai layar laptop anda. Jika hal tersebut terlalu sering dilakukan maka akan menyebabkan LCD menjadi cepat rusak, misalnya bergaris, bocor dan lain sebagainya.

Dari beberapa penjelasan diatas tadi, maka dapat dismpulkan tentang bagaimana cara menyalakan dan mematikan yang baik dan benar. Pertama-tama yaitu ketika anda ingin menyalakan laptop, buka dulu layarnya, lalu kemudian tekan power dan tunggu sampai laptop menyala dan masuk ke mode Windows. Setelah itu, anda boleh menggerak-gerakkan layar untuk disesuaikan dengan jarak pandang yang nyaman.

Sedangkan ketika ingin mematikan laptop, klik tombol shutdown terlebih dahulu, lalu tunggu beberapa saat sampai laptop anda benar-benar mati dan hawa panasnya berkurang. Lalu kemudian anda baru boleh menutup layar laptop anda.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top