Berapa Watt Kebutuhan Daya Listrik Komputer ?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di butuhkan tenaga listrik untuk mengoperasikan komputer dan semua aktivitasnya. Tetapi apakah kita sudah mengetahui berapakah tenaga listrik yang di butuhkan oleh sebuah komputer ? Berbeda dengan perangkat elektronik lainnya yang biasanya mencantumkan berapa watt tenaga yang dibutuhkan, Komputer biasanya tidak mencantumkannya. Alasannya yaitu karena setiap komputer membutuhkan daya yang berbeda-beda atau tergantung dengan apa yang sedang dilakukan oleh komputer tersebut.

Dan berikut di bawah ini penjelasan mengenai kebutuhan daya listrik komputer berdasarkan jenisnya :

Desktop PC
Sebuah desktop PC biasanya membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih besar di bandingkan dengan laptop atau jenis yang lainnya. Itu karena desktop komputer terdiri dari berbagai macam komponen yang membuthkan tenaga yang besar. Sehingga jika di kalkulasikan, maka sebuah computer yang memiliki processor intel dual core dan beberapa komponen umum lainnya akan memakan tenaga listrik sekitar 50 watt ketika sedang tidak digunakan, dan sekitar 100 watt ketika sedang di gunakan. Sedangkan processor type lama akan memakan tenaga listrik lebih sedikit. Selain itu, processor AMD juga akan memakan listrik yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan processor buatan intel.

Biasanya komponen yang paling banyak memakan listrik yaitu kartu grafis atau (Video Card). Biasanya sebuah kartu grafis akan menaikkan konsumsi listrik komputer sekitar 10-30 watt ketika sedang tidak digunakan dan akan menambah daya sekitar 50 – 250 watt ketika sedang digunakan.

Sedangkan jika di bandingkan dengan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, sebuah komputer masih bisa dikatakan hemat lstrik. Karena peralatan elektronik lain seperti setrika, hair dryer dan mesin cuci biasanya hanya menghabiskan energy listrik sekitar 200 watt.

Laptop
Berbeda dengan komputer desktop, laptop ini membutuhkan energy yang lebih sedikit. Biasanya processor dan video card yang terdapat pada laptop akan memakan energy jauh lebih lebih sedikit dari pada desktop. Karena mengingat adaptor laptop biasya hanya berkekuatan sekitar 130 watt.

Sementara, dalam keadaan mati, sebuah notebook maupun ultrabook biasanya hanya memakan tenaga listrik sekitar 20 watt. Sedangkan pada laptop game hanya akan menghabiskan daya sekitar 40 hingga 50 watt. Tenaga listrik yang masuk tersebut mungkin semakin hari akan berkurang karena mengingat processor dan video card yang baru semakin hemat dalam penggunaan sumber daya listrik.

Dan sekarang mari kita kalkulasikan penggunaan daya listrik komputer dalam berbagai keadaan. Contohnya jika anda menggunakan laptop berukuran 15,6 dengan sebuah processor intel masa kini maka laptop akan memakan energy sekitar 20 hingga 40 watt ketika tidak digunakan dan sekitar 65 watt ketika sedang digunakan. Sementara untuk melihat konsumsi listrik ketika sedang melakukan charging baterai maka anda hanya cukup melihat informasi yang terdapat pada adaptor laptop anda.

Kemudian jika anda menggunakan sebuah monitor eksternal bersama laptop anda maka akan menambah daya sekitar 25 watt. Namun hal tersebut tidak berlaku jika anda menggunakan monitor yang lebih besar dari 24, karena monitor akan memakan energi mulai dari 50 watt sampai 100 watt.

Selanjutnya, sebuah komputer desktop akan memakan energi tergantung kepada hardware yang digunakan. Seperti contohnya sebuah desktop dengan processor dual core dasar plus kartu grafis yang terintegrasi akan memakan daya sekitar 59 watt ketika sedang tidak digunakan, dan sekitar 125 watt ketika sedang di gunakan. Dan jika komputer tersebut di tambah kartu grafis kelas menengah maka konsumsinya akan berubah menjadi 75 watt ketika tidak digunakan dan sekitar 200 watt ketika digunakan. Sedangkan jika komputer tersebut memiliki kartu grafis kelas atas maka konsumsinya akan berubah menjadi 100 watt ketika tidak digunakan dan sekitar 350 watt ketika sedang di gunakan.

Dan dengan estimasi tersebut maka anda bisa menentukan komputer apakah yang cocok untuk di gunakan di rumah anda supaya tidak membebani biaya tagihan listrik.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top