Cara Burning Data Ke DVD Tanpa Menggunakan Software

Burning adalah suatu aktivitas menyalin data kedalam keping DVD, Dan untuk menyalin data ke DVD ini tentu saja tidak boleh dilakukan sembarangan, selain itu juga tidak bisa dilakukan dengan copy paste.

Sementara, untuk burning data sendiri ada dua cara, yaitu dengan menggunakan bantuan software dan tanpa menggunakan software. Namun kali ini kita akan membahas cara memburning data ke dalam keping DVD tanpa menggunakan software.

DVD sendiri memiliki dua macam, yaitu DVD-R dan DVD-RW. Perbedaan dari keduanya yaitu jika DVD-R datanya bersifat permanen sedangkan DVD-RW datanya bersifat sementara atau bisa dihapus kembali jika sudah tidak digunakan. Namun untuk kapasitasnya sendiri, keduanya sama saja yaitu 4.7GB.

Perlu diketahui, bahwa data yang diburning tanpa menggunakan software ini merupakan data yang sudah berformat .iso saja, atau selain format tersebut data tidak bisa diburning.

Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah memburning data ke DVD tanpa menggunakan software :
1. Pertama-tama, siapkan keping DVD terlebih dahulu.
2. Lalu test keping DVD tersebut, apakah bisa terbaca di komputer.
3. Kemudian buka data yang sudah berformat .iso.
4. Untuk Windows 7, silahkan double klik pada data berformat iso yang akan diburning. Sedangkan untuk Windows 8, klik kanan pada data yang berformat .iso yang akan diburning, kemudian pilih Burn Disk Image.
5. Setelah itu akan muncul tampilan yang menunjukkan bahwa data siap di burning. Klik Burn dan tunggu sampai proses burning sampai benar-benar selesai. Dan jika proses data sudah selesai maka DVD akan otomatis keluar sendiri.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?