Cara Melindungi Mata Di Depan Komputer

Bagi anda yang setiap hari berhadapan dengan layar komputer, tentunya anda sering mengalami mata lelah, iritasi mata, mata merah dan pandangan kabur. Bahkan ada juga yang sampai sakit kepala.

Beberapa gejala tersebut memang disebabkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan atau biasanya disebut computer visi syndrome (CVS) atau syndrom visi komputer. Dan berdasarkan riset, syndrom ini sudah mempengaruhi sekitar 64% hingga 90% pekerja kantoran.

Syndrom visi komputer sendiri memang penyakit di jaman modern yang tidak bisa dihindari. Tetapi alangkah baiknya jika anda mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi, karena jika di biarkan maka tidak menutup kemungkinan akan muncul gangguan mata yang lebih serius seperti mata minus, katarak hingga glaucoma.

Untuk itulah kami akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko syndrom visi komputer akibat terlalu lama menata layar komputer. Dan berikut di antaranya :

  1. Memperbesar Ukuran Font

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah syndrome  visi komputer yaitu dengan memperbesar font teks dikomputer anda atau melakukan zoom di program komputer. Karena, ukuran huruf yang kecil akan membuat mata anda menjadi lebih bekerja extra untuk membaca. Tentunya hal ini juga membuat jarak mata lebih dekat dengan kayar komputer.

2. Berkedip

Perlu di ketahui, bahwa orang yang menggunakan komputer akan berkedip 66% lebih sedikit dari pada mereka yang tidak. Biasanya, rata-rata pengguna komputer akan berkedip sekitar 7 kali permenit, padahal tingkat normalnya yaitu 20 kali permenit. Sehingga, mata akan menjadi kering dan mengakiatkan cepat lelah dan kemerahan. Untuk itulah usahakan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa kita sadari ketika didepan layar komputer.

3. Menyesuaikan Kecerahan Layar

Sesuaikan kecerahan layar komputer anda dengan kondisi ruangan. Misalnya, jika cahaya sekitar ruangan gelapp maka atur supaya tidak terlalu silau. Dan sebaliknya, jika cahaya sekitar terang maka anda bisa sedikit meningkatkan kecerahan layar.

Selain itu, anda juga harus membuat tampilan layar komputer anda menjadi lebih hangat dengan warna yang cenderung kuning. Sehingga bisa membuat mata anda lebih nyaman. Terlebih lagi bagi anda yang sering menggunakan komputer hingga larut malam.

4. Menerapkan Aturan 20 – 20

Dan yang terakhir yaitu dengan menerapkan aturan 20-20. Aturan 20 – 20 sendiri yaitu setelah 20 menit bekerja didepan layar maka ambil 20 detik untuk beranjak. Anda bisa melakukan peregangan otot-otot, pergi ke toilet, mengambil minuman atau hanya melihat sekeliling. Intinya adalah, buatlah mata anda fokus ke objek lain yang jaraknya lebih jauh selain layar monitor. Sehingga hal ini akan membantu merenggangkan otot-otot mata anda supaya tidak tegang.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top