Cara Memperbaiki Touchpad Yang Tidak Berfungsi

Pada sebuah laptop, Touchpad merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Karena tanpa sebuah touchpad maka anda tidak bisa maksimal dalam menggunakan laptop dengan mudah. Touchhpad ini memiliki peran yang sangat penting terutama anda menggunakan laptop diluar ruangan atau anda merupakan seorang desainer grafik yang membutuhkan ketelitian tangan ketika mengambar di sebuah laptop. Namun terkadang, peran touchpad juga tidak dibutuhkan untuk aktifitas tertentu yang membutuhkan kecepatan cursor seperti saat bermain game.
Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami touchpad laptop anda lemot atau bahkan macet dan tidak tahu cara untuk mengatasinya. Sebelum kita membahas cara mengatasinya, yang harus anda ketahui yaitu penyebab dari kerusakan tersebut. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab kerusakan touchpad laptop :

– Laptop terkena virus
– Touchpad kotor karena debu
– Touchpad terkena minyak keringat
– Driver touchpad hilang atau belu terinstal
– Kesalahan dalam mengatur program touchpad
– Hardware Touchpad yang rusak

Dan berikut cara memperbaikinya :
1. Memperbarui Driver Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
– Masuk ke Device Manager Windows dengan menekan tombol Windows pada Keyboard lalu ketik “device manager” kemudian tekan Enter.
– Carilah bagian Your PC lalu klik dua kali di “Mice and other pointing devices“.
– Kemudian cari touchpad kamu lalu klik kanan dan pilih “Update Driver Software…“.
– Dan klik Search automatically for updated driver software lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.
Hal itu dilakukan karena bisa saja kerusakan touchpad latopp disebabkan oleh drivernya yang belum di perbarui.

2. Aktifkan Touchpad yang Tidak Sengaja Dinonaktifkan
Langkah yang kedua yaitu dengan cara mengaktifkan touchpad yang tidak sengaja dinonaktifkan karena bisa saja kamu secara tidak sengaja menonaktifkannya dengan menekan kombinasi tombol tertentu di keyboard laptop sehingga mengakibatkan touchpad tidak berfungsi.
Dan cara untuk mengaktifkannya kembali yaitu tidak ada jawaban pasti karena setiap laptop pasti berbeda-beda caranya. Tetapi jika anda menggunakan laptop dengan sistem operasi windows maka di bawah ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan touchpad :
– Klik tombol Windows pada keyboard
– Lalu ketik Mouse dan klik untuk membukanya
– Kemudian di bagian Device Settings, carilah bagian yang mengontrol touchpad kamu dan aktifkan jika di tampilannya touchpad statusnya non aktif.

3. Perbaiki di Service Center
Dan jika kedua cara diatas tidak berhasil maka kemungkinan kerusakan terjadi di bagian hardware atau touchpadnya sudah rusak. Jika itu terjadi maka sebaiknya bawalah laptop anda ke pusat service laptop untuk di perbaiki. Karena jika perbaikan dilakukan sendiri, dikhawatirkan kerusakan akan bertambah parah.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top