Cara Menambah VRAM Intel HD Untuk Bermain Game Berat Pada PC Atau Laptop

Intel HD merupakan teknologi APU milik Intel yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dan sampai saat ini perkembangannya semakin pesat, bahkan saking pesatnya membuatnya berevolusi menjadi Intel Iris.

Sementara, jumlah VRAM bawaan seri APU ini sendiri paling tinggi hanya 128MB saja, sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain game. Sebenarnya, VRAM yang terdapat pada intel HD saat ini mampu sampai 64GB, Bahkan jauh lebih besar daripada Nvidia GTX Titan X Pascal yang ada di 12GB.

Berbeda dengan VRAM pada dGPU, Intel HD atau APU atau iGPU ini akan mengambil RAM dari CPU yang akan digunakan untuk proses. Atau bisa juga disebut dengan Shared Memory, Sehingga besar VRAM pada Intel HD akan sangat berpengaruh dengan besarnya RAM.

Sementara soal cara menambah VRAM Intel HD sendiri, sebenarnya sangat tergantung pada manufaktur motherboardnya. Ada yang menyediakan opsi pengaturan ukuran VRAM pada BIOSnya dan ada juga yang tidak.
Jika manufaktur tersebut sangat mendukung, maka anda cukup masuk ke BIOS lalu mencari menu untuk konfigurasi Shared Memory saja. Lalu atur sesuai keinginan dan selesai. Tetapi jika tidak ada dukungan ini maka anda harus pasrah terhadap settings otomatis dari pihak manufaktur.

Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan menambah RAM, Dimana pada sistem APU jumlah VRAM akan sangat bergantung pada jumlah RAM. Karena RAM dibagi untuk CPU dan GPU. Namun hal tersebut tidak selalu pasti dapat dilakukan. Atau tergantung dengan manufaktur motherboardnya, dimana ketika tambah RAM ada VRAM yang ikit naik namun ada juga yang tidak.

Kesimpulan
• Intel HD merupakan iGPU dari APU milik Intel.
• VRAM pada Intel HD sangat berpengaruh terhadap jumlah RAM. Karena RAM berbagi antara CPU dan GPU (Shared Memory).
• Tergantung manufaktur motherboardnya. Ada motherboard yang dapat mengatur besaran VRAM melalui BIOS, namun ada juga yang tidak.
• Tergantung manufaktur motherboardnya. Dengan menamtambah RAM, lalu bisa menaikan VRAM secara otomatis. Namun ada juga yang tidak.
• Jika manufatur motherboard sudah mengunci nilai VRAM, maka anda hanya bisa pasrah. Kecuali jika anda mau mengambil risiko rusak permanen apabila gagal dengan modifikasi BIOS.
• Apakah bisa menaikan VRAM Intel HD pada semua jenis PC/laptop? Jawabannya adalah Tidak, karena tergantung manufaktur motherboardnya.

Lalu bagaimana jika VRA terlalu besar, sehingga ruang RAM semakin mengecil ? Intel sendiri telah dibekali oleh sebuah teknologi yang disebut Dynamic Video Memory Technology (DVMT). Dimana dengan begitu maka akan secara otomatis dapat mengatur Shared Memory secara Dynamic secara kebutuhan.

Sedangkan jika VRAM anda mencukupi, maka anda dapat memainkan game GTA V hanya dengan menggunakan processor seharga 800 Ribuan.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top