Cara Mencegah Serangan Virus Ransomware Wannacry Komputer

Sekarang ini, perangkat komputer memang sangat dibutuhkan hampir semua orang, terutama bagi para karyawan perkatoran. Karena dengan perangkat komputer ini kita akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan, selain itu juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Tetapi, apa jadinya jika perangkat komputer tersebut terserang oleh malware atau virus.

Jika komputer kita terserang virus maka akan menyebabkan kerusakan perangkat dan file-file yang ada didalamnya juga akan rusak dan salah satu virus yang cukup berbahaya saat ini yaitu Ransomware Wannacry. Dimana virus tersebut sudah menyerang berbagai Negara, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan salah satu rumah sakit di Indonesia juga pernah terserang virus ini.

Virus ini bisa membuat rusak semua file atau data penting atau bahkan hilang, Maka dari itu kita harus mengaetahui cara mencegah virus ini supaya tidak menyerang komputer kita. Perlu anda ketahui bahwa virus ini memiliki target penyerangan, yaitu perangkat yang mengadosi sistem operasi windows 10 kebawah. Oleh karena ini penting bagi kita untuk memasang antivirus komputer terbaik.

Sementara, cirri-ciri perangkat komputer yang terserang virus ransomware wannacry yaitu muncul sebuah pop up berisi pesan yang telah dienkripsi dan waktu pada komputer anda mundur. Bahkan selain itu, kita juga akan di minta mentransfer sejumlah uang.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi serangan virus ransomware wannacry pada komputer :
1. Hal yang pertama yang harus dilakukan yaitu mendiskonekkan perangkat komputer kita dengan jaringan internet, baik itu dengan mencabut kabel LAN atau menonaktifkan wifi.
2. Kemudian nonaktifkan SMB Service & Macros, lalu aktifkan Firewall Block Port 139, 445, 3389.
3. Selanjutnya, download Tools Security Patch secara manual di perangkat komputer dan kemudian simpan pada USB atau flashdrive.
4. Setelah itu, install Tools & Security Patch yang sudah di install pada komputer kita tadi.
5. Kemudian Full scan menggunakan aplikasi antivirus dengan fitur Total Security yang sudah di update sebelumnya.
6. Lalu backup data atau file yang menurut anda cukup penting.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?