Cara Mendiagnosa Komputer Mati Total

Komputer mati total adalah sebuah kasus dimana komputer tidak bisa dihidupkan sama sekali meskipun kabel power sudah masuk ke aliran listrik tetapi komputer tidak ada reaksi atau tanda-tanda sama sekali untuk menyala. Ciri-ciri komputer. Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami kasus seperti ini, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa komputer matot tanpa harus membawanya ke tukang service. Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya :
1. Periksa Monitor
Cara pertama untuk memeriksa penyebab komputer blank yaitu dendan memeriksa monitor komputer terlebih dahulu. Mungkin saja komputer blank disebabkan oleh monitornya yang mati buka karena komputer yang mati total.

Dan untuk memeriksa monitor yaitu dengan cara melihat lampu indikator monitor anda, menyala atau tidak, Kemudian cabut kabel VGA monitor anda, jika tampilan monitor normal maka akan menampilkan gambar atau pesan, Misalnya seperti No Signal Detected maka kerusakan memang terdapat pada komputernya.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik
Untuk memastikan apakah power supply berfungsi dengan baik atau tidak, anda harus mambuka casing CPU lalu menyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan pastikan bahwa lampu indikator pada motherboard menyala dan fan processor berputar. Jika menyala maka kemungkinan besar power supplynya masih berfungsi dengan baik. Tetapi jika CPU tidak menunjukkan tanda-tanda menyala, maka lakukan pemeriksaan terhadap power supplynya.

3. Reset BIOS Komputer
Komputer yang blank atau mati total ini ternyata juga dapat di atasi dengan cara merestart BIOS komputer.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Motherboard
Jika memang dibutuhkan, maka cabut terlebih dahulu semua komponen komputer seperti processor, memory dan Card atau tambahan lainnya. Bersihkan dari debu serta kotaoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Selain itu, gunakan juga cairan pembersih Electrical Contact Cleaner untuk lebih maksimal dalam membersihkan debu yang menempel padan pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen tersebut.

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk
Setelah selesai membersihkan komponen-komponen dari debu atau kotoran yang menempel kemudian pasang kembali semuanya seperti sediakala. Tetapi untuk hardisk jangan dipasang terlebih dulu. Dan nyalakan komputer, namun biasanya akan muncul beberapa hal yang terjadi seperti :
– Komputer bisa menyala atau bisa masuk BIOS tetapi tidak bisa booting. Namun itu bukanlah masalag karena hardisk memang tidak dipasang. Matikan komputer dan pasang hardisk dan kemudian nyalakan kembali, jika berhasil booting maka komputer sudah normal kembali.
– Komputer biasanya mengeluarkan bunti beep berkali-kali.
– Biasanya aka nada komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, dan untuk memastikan, sebaiknya coba menggantinya dengan komponen yang masih berfungsi dengan baik.
– Jika RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer tetap mengalami blank, maka motherboard atau processornya yang bermasalah atau rusak.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top