Cara Mengatasi Harddisk Yang Berubah Menjadi RAW Dari NTFS

Untuk merubah Harddisk RAW menjadi NTFS atau melakukan format harddisk RAW sebenarnya cukup mudah. Sementara, Harddisk RAW sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal dan tentunya masalah ini bisa membuat anda panik, apalagi ada data-data penting didalamnya.

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami masalah seperti ini, dimana ketika komputer dinyalakan, harddisk tidak dapat diakses. Harddisk tampil di my computer namun tidak bisa dibuka dan jika di klik kanan lalu memilih properties maka akan terlihat data 0 byte yang berarti kosong. Namun jangan khawatir, harddisk anda masih bisa diselamatkan, karena RAW sendiri tidak selalu menandakan kerusakan yang sangat parah pada harddisk anda. Dan Format RAW harddisk menjadi NTFS adalag salah satu cara yang sangat mudah dilakukan untuk mengatasinya.
Jika anda mempunyai data-data penting didalam harddisk tersebut, sebaiknya jangan diformat harddisk RAW tersebut. Melainkan Download dan install Easeus Data Recovery untuk mencopy data-data anda ke harddisk lain dan simpan dengan baik.

Dan untuk mengatasi masalah lebih lanjut, sebaiknya simak beberapa cara di bawah ini :
– Jangan format Harddisk tersebut
– Buka Computer Management atau dengan cara klik kanan icon my computer lalu manage.
– Lalu pilih bagian Storage > Disk Management
– Kemudian pilih harddisk yang eror, Misalnya milik saya File System yang seharusnya NTFS menjadi RAW.
– Sementara untuk memudahkan, rubah Drive Letter And Path dengan cara klik kanan pada bagian partisi harddisk lalu pilih Change Drive Letter And Path (saya ubah harddisk yang rusak ke H)
– Sekarang kembali ke desktop dan buka CMD, atau bisa dengan menekan Win+r kemudian ketik cmd
– Pada Command ketik chkdsk H:/f
– Dan tunggu sampai proses selesai, dan jika tidak ditemukan kerusakan yang parah pada harddisk tersebut, maka harddisk tersebut disa digunakan lagi atau lengkap dengan data-data sebelumnya.
Sedangkan jika tidak bisa format harddisk raw, maka biasanya chkdsk akan mengeluarkan pesan bahwa tidak dapat melakukan aksi kepada type harddisk RAW tersebut. Dan untuk mengatasinya, anda bisa mencoba melakukan beberapa cara di bawah ini :
– Jalankan cmd dengan cara klik kanan dan run as administrator
– Kemudian pada command ketik chkdsk H: /r
– Dan tunggu sampai proses selesai.
Setelah melakukan perbaikan, sebaiknya anda menyimpan data penting di harddisk lain, lalu kemudian lakukan full format, bukan quick format terhadap harddisk yang bermasalah tadi.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top