Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Dimatikan

Mungkin sebagian dari anda pernah ada yang mengalami komputer yang sedang anda gunakan tidak bisa dimatikan meskipun telah di shutdown. Bahkan setelah menunggu cukup lama, tetap saja proses shutdown tidak berjalan lancar. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu usia komputer dan juga keamanan data-data didalamnya. Namun sekarang anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah ini, karena kami akan memberikan beberapa cara mengatasi komputer yang tidak bisa dimatikan secara normal :

1. Periksa Aplikasi Latar Belakang Yang Masih Berjalan
Salah satu penyebab komputer tidak bisa dimatikan meskipun sudah dipencet atau diberikan perintah untuk mati yaitu karena masih terdapat aplikasi latar belakang yang masih berjalan. Oleh karena itu anda harus memeriksanya dan untuk memeriksanya sendiri, anda bisa melihat log pada sistem operasi yang anda gunakan dan lihat apa saja aplikasi yang masih aktif. Dengan begitu anda bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menghambat proses shutdown. Sedangkan jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka mintalah bantuan kepada teknisi yang ahli untuk memperbaiki komputer anda suapay komputer anda bisa kembali di shutdows dengan normal.

2. Update Sistem Operasi
Masalah yang terdapat pada sistem operasi ini terkadang hanya bisa diselesaikan melalui update sistem, karena yang dibutuhkan adalah memperbaiki beberapa file kunci untuk menjalankan sistem dan tidak bisa diganti sembarangan. Dan untuk melakukan update, anda hanya perlu pergi ke menu pengaturan lalu kemudian mengikuti perintah update yang telah disediakan oleh sistem operasi yang anda gunakan. Biasanya anda hanya disusruh untuk mengklik start update dan semacamnya, kemudian tunggu beberapa saat sampai proses download selesai dan proses instalasi berjalan. Selain itu, anda juga bisa mendownload update pack windows yang dapat digunakan untuk mengupdate Windows secara menyeluruh tanpa terkoneksi internet.

3. Gunakan antivirus
Masalah komputer tidak bisa dimatikan juga bisa disebabkan oleh virus yang menyerang sistem operasi. Karena virus-virus tersebut akan memerintah atau command pada memori ketika proses shutdown berjalan, sehingga proses shutdown tidak bisa berjalan normal. Dan untuk mengatasi masalah virus tersebut yaitu tentu saja dengan menggunakan antivirus. Karena antivirus sekarang ini dapat memperbaiki berbagai macam jenis virus yang menganggu komputer anda.

4. Menginstall Ulang Sistem Operasi
Dengan menginstall ulang sistem operasi, maka anda bisa memperbaiki masalah shutdown yang disebabkan oleh kerusakan pada file-file sistem operasi yang terdapat didalam komputer anda. Artinya, jika kerusakan masalah shutdown tidak disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah maka dengan menginstall ulang sistem operasi tidak akan membantu.

Maka dari itu, pastikan bahwa penyebab komputer anda tidak bisa dimatikan dengan normal karena terdapat masalah kerusakan pada sistem operasi. Selain itu, terkadang anda juga harus membutuhkan update untuk mengatasi komputer tidak bisa dimatikan dengan lancar dan bukannya malah melakukan install ulang.

5. Menginstal Ulang Driver
Masalah lain yang menjadi penyebab komputer tidak bisa shutdown yaitu karena driver yang bermasalah serta tidak berfungsi dengan baik ketika proses shutdown. Dan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada driver, maka anda bisa melihatnya pada log sistem operasi yang anda miliki. Sementara jika sudah pasti ada driver hardware tertentu yang menjadi penyebab komputer tidak bisa shutdown, maka tentu saja anda harus mencari driver yang tepat untuk diinstal ulang supaya masalah shutdown bisa teratasi. Karena biasanya, driver yang bermasalah pasti akan menyebabkan hardware tertentu tidak berfungsi dengan baik, oleh karena itu gejala driver yang bermasalah biasanya juga akan terlihat.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?