Cara Menginstall Bluetooth Di Laptop Yang Belum Ada Bluetooth

Bluetooth merupakan salah satu fitur yang cukup penting dalam suatu perangkat, karena Bluetooth ini adalah koneksi nirkabel atau wireless dalam mengkoneksikan atau menghubungkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa sambungan kabel. Bluetooth sendiri biasanya digunakan untuk bertukar data, dan caranya pun cukup mudah.

Sementara pada perangkat laptop sendiri, memang tidak semua laptop di lengkapi fitur Bluetooth. Oleh karena itu terkadang kita harus menambahkan fitur bluetooth ini sendiri di perangkat kita, tentu saja dengan cara menginstall terlebih dahulu driver bluetooth dengan mendownloadnya. Cara ini cukup mudh dilakukan dan dapat digunakan untuk semua jenis laptop yang memiliki sistem operasi windows seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10.

Dn berikut dibawah ini adalah cara menambahkan fitur Bluetooth pada laptop yang tidak memiliki Bluetooth :

Langkah 1

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengetahui spesifikasi laptop kita terlebih dahulu. Spesifikasi tersebut meliputi Sistem operasinya apa dan berapa arsitekturnya (berapa bit). Sekarang ini, sudah banyak laptop yang menggunakan 32 bit hingga 64 bit. Perbedaan bit ini sendiri sangat berpengaruh dalam menginstall Bluetooth, oleh karena itu, jika kita salah memilih maka bluetooth yang kita install tidak akan berfungsi.

Langkah 2

Kemudian setelah mengetahui sistem operasi windows dan bit laptop kita, maka sekarang kita mulai mencari bluetooth yang akan di install. Namun sebelum melakukan itu, kita harus masuk ke bagian device manager laptop dengan mengetik Device Manager di kolom pencarian. Lalu jika ada Bluetooth maka biasanya akan ada tulisan Qualcomm Atheros Bluetooth 4.0, dan itulah bluetooth yang akan kita install. Namun jika tidak adam maka silahkan download  jenis bluetooth atheros tadi dengan masuk saja ke url : https://www.ath-drivers.eu/atheros-bluetooth-drivers.html

Langkah 3

Jika sudah masuk di website resminya, anda tinggal pilih jenis bluetooth driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop kita. Coba untuk type ARxxx dan pilih jenis sistem operasinya dan jug arsitekturnya, Misalnya Win7 32 Bit hingga Win10 64 Bit. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik icon Download yang terdapat pada tabel tersebut.

Langkah 4

Lalu jika sudah berhasil di download maka anda tinggal menginstall driver tersebut. Caranya sama dengan cara menginstall software lainnya yaitu dengan cara mengklik driver yang sudah di download tadi lalu kemudian tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Kemudian jika sidah berhasil menginstallnya maka silahkan restart laptop anda lalu cari di kolom pencarian dengan mengetik Bluetooth, klik icon yang ada. Jika sudah ada bluetooth maka sekarang anda sudah berhasil menambahkan bluetooth di perangkat laptop anda.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top