Cara Mengunci Folder di Laptop Atau Komputer Tanpa Software

Bagi sebagian orang, privasi sebuah file folder memang dirasa sangat perlu. Oleh karena itu kita perlu menguncinya supaya semua orang tidak bisa melihatnya. Dan cara mengunci folder laptop windows sendiri bisa dilakukan tanpa software atau aplikasi. Namun hanya membutuhkan bantuan script.

Sebelum menyembunyikan atau mengunci file, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan atau menyimpan passwordnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada masalah, misalnya seperti anda sedang keluar anda, sedangkan teman anda butuh file mendadak, namun anda mengunci file tersebut maka itulah pentingnya menyimpan password pada notepad.

Dalam mengunci folder pada Windows 7,8, 8.1, hingga 10 sendiri memang bisa dilakukan dengan cukup mudah karena memang mengunci folder file melalui windows ini merupakan salah satu fungsi bawaan dari Windows sendiri.

Dan sebagai contohnya, berikut dibawah ini adalah beberapa langkah atau cara mengunci folder pada laptop windows 8.1, dan cukup berhasil, sehingga tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan pada windows di bawahnya maupun di atasnya, namun hanya saja tampilan dan fiturnya berbeda.

1. Buatlah folder baru khusus berisi file penting atau rahasia. Caranya, klik New Folder lalu ketik nama folder baru misalnya “tugas penting”.
2. Klik 2x pada folder Tugas Penting tadi, lalu buka Notepad. Dan copy paste kode di bawah ini pada notepad yang anda buka.
cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== silahkan isi password goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End
3. Pada kode script di Motepad, cari kata Silahkan Isi Password dang anti sesuai keinginan nada. Misalnya saya ganti dengan “updatepassword”
4. Pada Notepad, klik File – Save – Plih Folder Tugas Penting – lalu ketik nama file locker.bat
5. Lihat pada folder Tugas Penting, sudah ada file hasil notepad bernama file locker bereksistensi Windows Batch File.
6. Klik 2x pada file locker tersebut, dan jika diminta untuk mengisi password, maka ketikkan “updatepassword”. Dan setelah itu akan keluar folder private.
7. Pilih file-file folder yang akan anda kunci atau hidden protect. Lalu kemudian pindahkan ke folder private.
8. Kemudia setelah semua folder rahasia sudah ada dalam folder private, maka kunci folder private tersebut. Klik 2x file locker lalu ketik y dan kemudian tekan enter.
9. Dan folder private akan secara otomatis akan sembunyi atau hidden. Jika anda ingin membuka atau menampilkan file private tersebut, maka anda harus klik 2x file locker kemudian masukkan password anda. Hasilnya folder private akan muncul kembali bersama file-file rahasia anda.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?