Cara Mudah Memeriksa Penyebab Borosnya Baterai Laptop

Penyebab baterai laptop boros ada beberapa faktor, bisa saja tanpa anda sadari ada beberapa fitur yang aktif sehingga bisa membuat penggunaan baterai menjadi boros.

Sementara, jika anda ingin mengetahui secara detail penggunaan daya serta solusi untuk menghemat penggunaan baterai laptop, anda bisa menggunakan Command Prompt dan ketik perintah sederhana. Kemudian sistem akan melakukan diagnisa secara menyeluruh mengenai penggunaan baterai serta solusinya. Caranya yaitu dengan masuk ke Command Prompt, bagi pengguna windows 7/XP/Vista klik Start > klik All Programs > Accessories > Command Prompt, kemudian klik kanan dan pilih Run As Asministrator. Sedangkan bagi pengguna Windows 8, tekan tombol Windows+X dan ilih Command Prompt (Admin).

Jika sudah masuk kemudian ketik perintah powercfg – energy, lalu tekan Enter. Kemudian Windows akan memberikan laporan tentang hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan daya sekaligus penjelasannya. Dan proses ini sendiri memerlukan waktu sekitar 60 detik.

Dan kemudian hasil diagnosa akan menampilkan jumlah errors, warning, dan informational. Dimana bagian errors merupakan bagian yang harus mendapatkan perhatian khusus karena nformasi tersebut bisa dijadikan scuan sebagai penyebab borosnya baterai. Sedangkan informasi warning sendiri merupakan saran yang dapat anda gunaka untuk mengoptimalkan kinerja baterai. Dan informational sendiri merupakan keterangan tambahan tentang hardware maupun software yang terpasang pada sistem.

Kemudian untuk melihat hasil laporan secara detail, anda bisa melihat file energy-report berupa file html. Lalu jelajahi lokasi file energy-report.html tersebut. Sementara pada bagian analysis Result sendiri terdiri dari beberapa informasi dari kondisi baterai laptop yang terdiri dari errors, warning dan nformational. Untuk bagian errors ditandai dengan latar belakang berwarna merah muda, dan disinilah permasalahan yang sangat memengaruhi penggunaan baterai. Anda harus memperbaiki masalah tersebut untuk mengoptimalkan kembali kinerja baterai. Dan dengan memperbaiki bagian tersebut anda akan menghemat hingga 15% daya baterai.

Sementara pada bagian warnings ditandai dengan latar belakang berwarna kuning, yang merupakan saran bagi anda, walaupun tidak berakibat fatal namun bisa membantu menghemat penggunaan baterai jika anda bisa memperbaikinya.

Dan bagian informational ditandai dengan latar belakang warna putih yakni merupakan suatu laporan yang berisi data informasi dari perangkat yang ada dan tidak terdapat masalah yang mempegaruhi penggunaan baterai.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?