Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami masalah pada printer anda, dimana pada saat mencetak dokumen dan hasilnya putus-putus atau hasilnya tidak maksimal. Hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa hal yang harus diketahui tentang Cartridge yang selama ini keberadaannya kurang di ketahui atau dipahami. Cartridge pada printer sendiri biasanya akan memiliki masa penggunaan dalam penggunaannya. Untuk itulah banyak dari perusahaan yang menganjurkan untuk mengganti Cartridge setelah tinta yang berada didalamnya habism namun anjuran tersebut tentu saja tidak akan sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Kemudian soal tinta, yaitu bagaimana anda memahami dan memilih tinta yang akan diisi atau dimasukkan kedalam cartridge itu sendiri. Usahakan tinta yang digunakan memiliki tingkat kekentalan yang rendah, karena jika terlalu kental maka akan menyebabkan ujung head Cartridge tersumbat. Pastikan juga bahwa tinta tidak tercampur dengan tinta merk lainnya, Namun jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan tinta dengan merk yang sama maka sebaikya tinta yang ada didalam cartridge harus dikeluarkan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Anda bisa mencucinya terlebih dahulu dengan menggunakan air yang hangat sebelum memasukkan tinta dengan merk yang berbeda. Tetapi jika memang sudah terlanjur tercampur dengan merk tinta yang berbeda maka hasil print akan menjadi putus-putus. Dan untuk mengatasinya anda bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

Persiapan alat dan bahan
– Wadah untuk menampung air.
– Air hangat yang jernih.
– Sedotan tinta.
– Tissu.

Langkah-langkah memperbaiki cartridge printer
1. Pastikan terlebih dahulu, bahwa semua tinta yang terdapat di tabung cartridge dikeluarkan semuanya. Caranya yaitu dengan meniup atau bisa juga dengan menghisap menggunakan sedotan tinta dengan tidak memakai ujung jarumnya.
2. Kemudian jika tinta sudah dikeluarkan, siapkan terlebih dahulu penampung air yang digunakan untuk menampung air hangat.
3. Masukkan air hangat kedalam wadah, pastikan bahwa anda menggunakan air hangat bukan air panas. Karena jika menggunakan air panas maka akan menyebabkan plastik pada jalur head cartridge menjadi leleh.
4. Lalu celupkan ujung cartridge ke dalam air hangat sekitar 10 hingga 30 menit.
5. Setelah cartridge dicelupkan kedalam air hangat, maka tiupkan angin dengan menggunakan sedotan tinta berulang-ulang secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melepaskan sebagian besar tinta yang telah membeku pada ujung head cartridge.
6. Kemudian isikan air hangat yang sudah steril ke dalam cartridge.
7. Untuk mengetahui bahwa air sudah keluar dengan sempurna ke seluruh permukaan head maka siapkan tisu. Namun jika masih belum sempurna maka ulangi langkah nomor 4 atau 6 untuk membersihkan ujung head.
8. Pastikan bahwa cartridge sudah dibersihkan dan dikeringkan dari cairan, baik yang ada didalam maupun diluar cartridge.
9. Setelah catrridge benar-benar kering maka selanjutnya isi tinta yang memiliki tingkat kekentalan yang rendah kedalam cartridge.

Namun jika masalah tersebut tidak bisa diatasi, berarti Print Head pada Cartridge mengalami kerusakan dan hal tersebut bisa diakibatkan oleh penggunaan printer yang berulang-ulang dalam keadaan terus-menerus tanpa henti.

Kunjungi : SPARTA COMPUTINDO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *