Fungsi & Jenis Casing Komputer

Sebagian orang, seringkali mengabaikan perangkat yang satu ini ketika ingin merakit maupun membeli komputer. Meskipun komputer masih digunakan tanpa casing, namun tetap saja casing komputer ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi setiap komputer. Dalam membeli casing komputer, tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, jika anda seorang gamers, maka casing komputer sebaiknya menyesuaikan, jangan menggunakan casing yang standard karena jika hal ini terjadi maka bisa saja akan berakibat buruk bagi komputer anda.

Casing sendiri merupakan sebuah rumah yang berbentuk kotak dan tempat bagi hardware komuter, seperti motherboard, harddisk, DVD rom dan perangkat lainnya. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat hardware yang terdapat di dalam komputer. Karena dengan adanya casing komputer maka hardware yang sangat sensitif terhadap benturan seperti motherboard, harddisk, processor, RAM dan hardware lainnya yang ada di dalam komputer akan lebih aman dari debu, kotoran dan benturan. Maka dari itu, dibuatlah casing komputer yang berguna sebagai perlindungan.

Sementara, fungsi utama dari casing komputer ini yaitu untuk melindungi komponen komputer dari debu, kotoran, air, panas yang berlebihan dan tentu saja melindungi terhadap benturan fisik. Intinya, casing adalah sebuah rumah dari hardware komputer, karena di dalam casing komputer terdapat semua harware penting penyusun komputer.

Jenis-jenis casing

1. Casing desktop
Casing Desktop merupakan casing yang berbentuk kotak dan memiliki lebar sekitar 30-40cm dan panjang sekitar 50-60cm. Casing ini sendiri biasanya diletakkan langsung dibawah monitor. Casing ini bukan merupakan casing yang jadul, karena sampai sekarang banyak orang yang menggunakan casing jenis ini karena memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun sayangnya casing jenis ini juga memiliki kekurangan yaitu beratnya.

2. Casing tower
Sekitar tahun 2012, casing komputer jenis ini masih banyak digunakan karena casing jenis ini memiliki ruang yang lebih besar dan luas serta suhu di dalam yang tidak cepat panas. Selain itu casing jenis ini juga lebih mudah jika ingin menambahkan komponen komputer lainnya. Dan casing komputer jensi ini sendiri ada dua yaitu mini tower dan middle tower.

3. Casing mini ITX
Casing jenis ini merupakan rancangan baru dengan desain yang lebih keren. Dan casing ini sendiri mulai di promosikan setelah tahun 2012 dan sampai saat sekarang casing ini banyak digunakan oleh pengguna komputer.

4. Casing gaming
Casing jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan luas, karena menyesuaikan dengan hardware yang di gunakan bermain game. Dan contoh casing gaming yaitu BM Azza Toledo 301, Tolest. Selain itu, casing ini juga tersusun sangat rapi begitupun juga dengan kabel-kabelnya.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?