Fungsi & Jenis Port Komputer

Komputer merupakan suatu rangkaian sistem yang terdiri dari beberapa komponen atau yang biasanya dikenal dengan perangkat keras komputer. Dimana peragkat keras komputer tersebut mempunyai berbagai macam fungsi. Mulai dari melakukan proses informasi, penyimpanan data sampai menampilkan display.

Dan beberapa perangkat keras tersebut tentunya memiliki port-port tertentu untuk memaksimalkan fungsi dari perangkat tersebut. Secara sederhana Port sendiri biasanya di sebut dengan istilah colokan. Dimana colokan atau port tersebut dapat menghubungkan komputer dengan hardware eksternal dan hardware utilitas lainnya supaya bisa bekerja dengan maksimal.

Fungsi Port Komputer
Port sendiri berfungsi untuk menghubungkan komputer denagan sebuah komponen eksternal komputer. Biasanya yaitu dengan menggunakan kabel sehingga pperangkat bisa saling terhubung dengan komputer. Contohnya seperti Port USB, Port Keyboard, HDMI dan masih banyak lagi.

Jenis & Fungsi Masing-masing Port Pada Komputer
1. Port Serial
Port serial merupakan jenis yang sudah umum digunakan pada keyboard, mouse dan juga PLC (Programmable Logic Controller). Diman port ini menggunakan jenis konektor RS – 232C serta memiliki jumlah pin sekitar 9 sampai 25 pin. Tetapi saat ini, port serial sudah jarang digunakan, Karena mengingat sudah banyak koneksi komputer bisa dilakukan dengan menggunakan port USB standar.

2. Port Paralel
Port Portable merupakan jenis port yang digunakan untuk konektivitas yang membutuhkan kecepatan. Dan ummunya, penggunaan port parallel ini bekerja dengan 8 bit setiap waktunya sehingga sangat cocok untuk transmisi data jarak dekat dan juga sangat cepat.
Port Paralel ini biasanya banyak digunakan untuk kepentingan printer parallel, zip drive dan juga harddisk eksternal. Port ini sendiri menggunakan konektor DB – 25 dengan jumlah sebanyak 25 pin. Tetapi, port ini juga sudah cukup jarang digunakan, karena kalah praktis dengan USB port.

3. Port USB
Port USB merupakan port standart yang saat ini banyak digunakan di dalam sistem komputer. Sesuai dengan namanya yaitu USB atau kepanjangan dari Universal Serial Bus ini bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan atau Universal.
Port USB ini memiliki banyak fungsi, seperti fungsi untuk storage device, mouse, keyboard, transfer data antar device, charging gadget. Karena fungsi yang universal ini, maka membuat port USB saat ini tidak hanya berada pada komputer atau laptop biasa saja, tetapi juga banyak digunakan pada media player, televisi, handphone, bahkan head unit pada sebuah mobil.

4. Port VGA
Port VGA merupakan port yang dimiliki oleh VGA Card graphic card pada sebuah kompputer dan termasauk port yang masih banyak di gunakan. Sementara dalam penggunaannya sendiri, konektor port VGA ini menggunakan konektor DE 15 dengan jumlah 15 pin.
Port VGA ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mentransmisikan data graphic dari sebuah komputer menuju display atau output. Dan display atau output yang dapat digunakan yaitu display monitor, televise serta proyektor. Namun Port VGA ini memiliki kelemahan yaitu tidak dapat mentransmisikan sinyal suara.

5. Port InfraRed
Port infrared atau infra merah ini sudah jarang dijumpai pada komputer, meskipun fungsinya yaitu untuk mengkoneksikan perangkat wireless dengan komputer, Tetapi karena sudah banyak perangkat wireless yang sudah menyertakan infrared dalam bentuk USB dalam paket penjualannya maka penggunaan port ini sudah jarang.

6. Port PS/2
Port PS/2 adalah salah satu jenis Port klasik yang sering digunakan pada komputer jenis PC untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Port ini sendiri memiliki bentuk konektor bulat dengan dengan banyak pin. Tetapi saat ini, Port PS/2 sudah jarang digunakan karena penggunaan USB yang sudah mendominasi dalam penggunaan perangkat elsternal komputer.

7. Port Audio
Sesuai dengan namanya yaitu Port Audio berfungsi untuk mentransmisikan suara yang dihasilkan dari komputer ke output audio eksternal, seperti speaker dan juga handphone. Port audio ini sendiri dimiliki oleh soundcard dimana kualitas output suara akan tergantung pada kualitas soundcardnya juga.
Sementara pada komputer standart, umumnya hanya didukung oleh port audio output stereo, dengan menggunakan satu port output saja. Sedangkan pada soundcard yang lebih canggih, maka mendukung output suara 5.1 hingga 9.1 untuk kepentingan tertentu.

8. Port LAN
Port LAN merupakan sebuah port yang dimiliki oleh sebuah perangkat keras komputer, yaitu Ethernet atau LAN card.

9. Port HDMI
Port HDMI Merupakan sebuah port pemgembangan dari graphic card. HDMI atau kepanjangan dari High Definition Multimedia Interface sendiri dapat mendukung semua bentuk multimedia.
Fungsi dari Port HDMI yaitu sama dengan Port VGA, Tetapi yang membedakan yaitu HDMI mampu mentransmisikan media dengan kualitas HD dan juga dapat mentransmisikan sinyal suara. HDMI adalah sebuah pilihan untuk menamppilkan display komputer pada layar yang lebih besar seperti monitor TV dan juga projector.

10. Port Power Source
Port Power Source adalah port yang cukup penting dalam sebuah komputer, karena jika tidak ada port ini maka komputer secanggih apapun tidak akan dapat berfungsi. Karena port power source bertugas untuk memberikan pasokan listrik untuk komputer supaya dapat menyala.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual PC Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Laptop Second, Jual Komputer Bekas Jakarta, Jual Komputer Bekas Warnet

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top