Inilah Alasan Komputer Spek Dewa Masih Lemot

Secanggih apapun sebuah komputer pasti pernah mengalami hal yang bernama Lag, dimana kondisi tersebut bisa dibilang hal biasa yang dirasakan oleh setiap penggunakan komputer. Lag sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor meskipun komputer yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang tinggi, bahkan dengan RAM yang besar sekalipun.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan komputer anda lemot meskipun sudah memiliki RAM yang besar dan spesifikasi yang mumpuni :

  1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi Berat

Meskipun anda memiliki komputer dengan RAM yang besar, namun jika dipaksa untuk membuka banyak aplikasi yang berat, maka tetap saja tidak cukup. Karena beberapa software bisa menyedot RAM yang besar seperti Adobe Photoshop, Corel, Adobe Premiere dan lain sebagainya. Bahkan Google Chrome yang anda gunakan sehari-hari juga dapat menyedot kapasitas RAM dengan cepat. Sehingga tidak heran jika game yang anda mainkan menjadi patah-patah jika anda membukanya secara bersamaan dengan Google Chrome.

Dan solusi untuk masalah diatas yaitu dengan selalu menyelaraskan beban kerja dalam menggunakan komputer dengan kapasitas RAM. Selalu ingat bahwa RAM yang anda miliki juga mempunyai batas dan harus memiliki kontrol setiap membuka software secara bersamaan.

2. Kebocoran Memori

Tahukah anda bahwa beberapa software juga ada yang dapat mengalami kebocoran memori yang cukup fatal. Kebocoran memori sendiri merupakan suatu kondisi yang muncul akibat Bug dari sebuah software. Dimana setiap software yang anda gunakan akan disimpan didalam RAM dan akan dihapus oleh software lainnya ketika tidak digunakan.

Namun sayangnya, beberapa software dengan Bug didalamnya juga dapat mempertahankan tubuhnya di dalam RAM wlaupun sedang tidak digunakan. Tentu saja hal tersebut akan semakin membengkak dan dapat memenuhi RAM sehingga bisa memblokir software lainnya yang akan berjalan.

Sementara untuk solusinya sendiri, caranya cukup mudah yaitu anda hanya perlu merestart software yang bermasalah tersebut, dan jika masih membandel maka anda bisa memeriksa langsung di website resmi mereka, apakah sudah tersedia versi update atau belum.

3. Kesalahan Menggunakan Sistem Operasi

Masalah ini memang cukup sering dialami oleh pengguna komputer. Harus disadari bahwa sistem operasi tersedia dalam dua arsitektur yang berbeda yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Sementara jika komputer atau laptop anda dilengkapi dengan RAM diatas 4GB, maka ia akan tetap terbaca sebagai 4GB oleh sistem operasi berbasis 32 Bit. Dan itulah yang menjadi nilai tersendiri dari OS 64 Bit.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top