Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Komputer

Sekarang ini, komputer merupakan salah satu alat yang bisa membantu aktivitas sehari-hari, mulai dari urusan pekerjaan, bermain maupun hanya sekedar menghabiskan waktu. Untuk itulah, penggunaan Komputer pun menjadi krusial. Tentunya kita tidak mau jika komputer kita rusak karena sesuatu yang tidak kita ketahui

Dalam pemggunaannya sendiri, kita sering kali membuat kesalahan yang mungkin tidak kita sadari. Baik dari pperawatannya hingga cara penggunaannya, diamana kesalahan kecil tersebut bisa menjadi salah satu rusaknya komputer. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak komputer tanpa kita sadari :

  1. Lupa membersihkannya

Kita harus selalu memperhatikan sirkulasi udara pada komputer, karena masalah ini bisa saja mengganggu kinerja serta mengurangi kemampuan komponen di dalamnya. Dimana debu dan kotoran lainnya akan sangat cepat terbentuk jika kita tidak rutin membersihkannya.

Selain itu, debu yang menempel lama juga akan menyebabkan panas yang berlebihan, performa hardware menurun dan yang paling parah yaitu kerusakan permanen pada komputer. Oleh karena itu sebaiknya anda membersihkannya secara rutin dan jangan lupa juga untuk membersihkan keyboard dari kotoran.

2. Membersihkan layar monitor dengan menyemprotkan cairan pembersih

Hindari membersihkan layar monitor dengan menyemprotkan cairan pembersih ke layar monitor. Sebaiknya anda membersihkannya dengan menggunakan cairan lembut yang kering atau lembab. Dan jika memang ingin menggunakan cairan pembersih, maka sebaiknya harus menempel pada kain tapi jangan sampai cairan tersebut menetes masuk ke dalam sela monitor. Selain itu juga bersihkan perangkat mouse dengan cara yang sama.

3. Menutup CD Drive dengan didorong

Cara membuka dan menutup CD Drive memang umumnya dengan cara memencet tombol, namun kenapa banyak orang yang menutup CD Drive dengan cara mendorongnya. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan karena bisa membuat CD Drive patah, Jadi sebaiknya gunakan tombol seperti biasa untuk menutupnya.

4. Mematikan PC tanpa shutdown

Mematikan PC tanpa di Shutdown bisa langsung memutus arus listrik dari seluruh hardware, sehingga bisa merusak komponen didalamnya. Walaupun sekarang ini komputer sudah dilengkapi dengan teknologi ACPI (Advanced Configuration And Power Interface) yang merupakan teknologi yang berperan terhadap fitur sleep dan hibernate pada sistem komputer. Namun tetap saja kita harus melakukan prosedur yang benar untuk mematikan komputer.

5. Menginstal Driver dan Software tanpa melakukan restart

Microsoft sendiri sudah mengenali kesalahan yang sering dilakukan oleh penggunanya, yaitu tidak melakukan restart ketika setelah melakukan beberapa aktivitas. Sedangkan pada windows 8 sendiri, akan secara otomatis melakukan restart setelah melakukan update. Begitu juga pada Windows 10 yang juga secara otomatis akan merestart setelah mengupdate produk dari Adobe, menutup tab di Chrome dan setelah membuka Steam.

6. Melepas Flash disk dengan cara langsung mencabutnya

Sebagian orang mungkin sering melepaskan flashdisk dengan cara langsung mencabutnya, atau tanpa melakukan Eject terlebih dahulu di Wondows. Tentu saja hal tersebut dapat merusak flashdisk sekaligus isi didalamnya, karena file-file yang seharusnya di baca oleh sistem Windows akan berubah menjadi file RAW yang tidak dapat lagi dikenali. Oleh karena itu seringkali kita menemukan kasus dimana sistem Windows meminta untuk melakukan Format Flashdisk.

Sparta Computindo menerima jual beli, lelangan, dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor, Terima Partai Besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?