Kelebihan & Kelemahan USB Type C Yang Harus Diketahui

USB Type C ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2014, sejak diperkenalkan ke masyarakat, device yang pertama kali menggunakan USB Type C ini yaitu Apple Macbook.

USB type C ini sendiri memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, serta memiliki spesifikasi daya hingga 100 Watt dan terdapat 24 Pin kecil didalamnya. Walauppun sudah lama diperkenalkan, namun masih banyak orang yang belum tahu betul tentang teknologi ini.

Untuk itulah kami akan memberikan penjelasan mengenai USB type C, kelebihan dan kekurangannya serta sekaligus beberapa tips menggunakan USB ini :

Pengertian USB type C

USB atau Universal Serial Bus merupakan standart kabel yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat elektronik yang akan terjadi proses mengirim data sekaligus, dan bisa mengalirkan aliran daya listrik antara kedua perangkat elektronik tersebut. USB sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dan sampai saat ini telah memiliki beberapa jenis, mulai dari USB 1.0, USB 2.0, USB 3.0 dan yang terbaru yaitu USB type C.   

Kelebihan USB Type C

Jika anda memiliki device yang mendukung USB type C ini maka anda akan lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan transfer data. Selain itu, USB type C ini juga memiliki fitur fast charging.

Dan bedanya anda ketika menggunakan USB type lama dengan USB type C ini yaitu Type C ini sudah didukung dengan fitur reversible sehingga ia dapat bekerja pada semua bagian dan tidak tergantung pada orientasi pemasangan. Sehingga anda tidak perlu khawatir salah pasang USB dengan posisi terbalik.

Kekurangan USB Type C

Sementara, kekurangan USB type C ini yaitu memiliki tingkat bahaya pada konektornya yang lebih tinggi dari ppada USB 2.0, Karena tidak banyak perangkat yang mendukung USB type C ini dari pada USB 0.2 yang terdapat pada sebagian besar smartphone.

Dan pada beberapa kasus, sebagian orang menjual USB type C namun sebenarnya masih memiliki standart untuk konektor USB 0.2. Sehingga hal tersebut dapat membahayakan perangkat smartphone anda yang sebenarnya memiliki USB type C. Oleh karena itu sebaiknya anda membeli kabel USB type C ini di produsen resmi dari smartphone yang anda gunakan.

Selain itu, masalah lain yaitu ketersediaan perangkat yang masih minim pengguna, karena hanya beberapa smartphone saja yang mendukung USB Type C sebagai konektor.

Tips Menggunakan USB Type C

  • Selalu gunakan kabel USB Type C dari Smartphone.
  • Lihat spesifikasi smartphone anda, karena beberapa smartphone yang sudah mendukung USB type C ini namun tidak mendukung untuk USB 3.0 atau 3.1.
  • Selalu berhati-hati saat membeli kabel USB type C ini, karena jika anda salah membeli jenis kabel maka dapat membahayakan smartphone anda.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top