Laptop Terus-Menerus Di Charge Tanpa Di Cabut, Apakah Bahaya ?

Berbeda dengan PC yang harus terhubung dengan sumber listrik untuk dapat digunakan, maka laptop ini sudah dibekali sebuah baterai sehingga akan membuat anda lebih leuasa untuk menggunakannya. Ketika baterai sudah penuh maka anda bisa membawa laptop ke manapun dan dapat diisi kembali jika habis.

Itulah yang menjadi nilai lebih dari sebuah laptop, Namun bahayakah jika mencharge laptop terus-menerus tanpa dicabut meskipun baterainya sudah terisi penuh ? Sebenarnya yang berbahaya bagi baterai laptop bukanlah lamanya laptop terhubung dengan sumber daya atau tidak.

Dan untuk baterai Lithium sendiri, yang dapat mempengaruhi baterai laptop yaitu sebagai berikut :

  1. Siklus Baterai

Semakin sering anda membiarkan laptop terisi 100% dan menggunakannya sampai kosong 0% maka hal tersebut akan membuat siklus baterai cepat habis. Maka dari itu, sebaiknya jangan sering-sering membiarkan laptop anda sampai kondisi daya 0%

Ketika sedang digunakan, maka sebaiknya biarkan laptop anda terus terhubung dengan sumber listrik.

2. Temperatur

Perlu diketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai laptop cepat rusak yaitu bukanlah lamanya waktu isi ulang, melainkan temperature dari laptop itu sendiri. Jika suhu laptop semakin panas maka akan semakin cepat juga baterai laptop anda rusak. Oleh karena itu, usahakan supaya laptop anda tetap dingin.

Sementara, jika laptop anda sering panas, maka anda bisa membeli USB Cooler Fan untuk mendinginkan permukaan laptop atau anda juga bisa mencabut baterai laptop anda ketika sydah proses isi ulang.

3. Cara Menyimpan Baterai

Perlu anda ketahui bahwa baterai lithium akan terus berkurang meskipun tidak digunakan. Contohnya, ketika kita mencabut baterai laptop dan menyimpannya dilemari, maka kapasitas baterai yang tersimpan akan terus berkurang. Tipsnya yaitu, usia baterai lithium akan lebih panjang jika disimpan dalam kondisi 40% dibandingkan dengan kondisi 100%.

Jadi berdasarkan beberapa keterangan diatas tadi, maka kesimpulannya adalah membiarkan laptop terus dalam kondisi di charge tidaklah berbahaya asalkan jangan membiarkannya terlalu

panas. Dan selama penggunaannya wajar maka laptop yang di charge terus menerus malah akan membuat usia baterai menjadi lebih awet atau tahan lama.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top