Macam-Macam Jenis Keyboard Komputer

Terdapat beberapa macam keyboard komputer, namun yang paling sering digunakan adalah jenis keyboard QWERTY, Dinamakan QWERTY karena 6 tombol huruf yang ada pada keyboard tersebut tersusun secara berurutan.
Berbagai macam jenis keyboard sendiri di buat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal memberikan kemudahan dalam mengetik baik itu angka, huruf ataupun berbagai symbol lainnya.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa macam keyboard komputer :

1. Qwerty
Keyboard Qwerty dirancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan. Posisinya terppisah sejauh mungkin sehingga bisa meminimalisir kemacetan pada saat pengetikan. Tetapi, meskipun demikian, dalam praktek penggunaannya masih ditemukan beberapa kelemahan, Contohnya seperti pengetikan huruf A dimana tombol tersebut sering digunakan tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yaitu jari yang paling lemah.

2. Klockenberg
Jenis Keyboard Klockenberg ini di ciptakan untuk menyempurnakan keyboard yang sudah ada yaitu dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian yaitu bagian kiri dan kanan. Dimana kedua bagian tersebut dipisahkan dengan sudut 15 derajat dengan mengarah miring kebawah. Keyboard ini bentuknya lebih tipis dan dekat dengan meja kerja untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Tata letak dari keyboard Klockenberg sendiri di rancang untuk mengurangi beban otot pada jari, tangan dan bahu penggunanya. Tetapi dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian maka membuatnya memakan ruang.

3. Dvorak
Jenis keyboard Dvorak di rancang sedemikian rupa supaya tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan di bandingkan dengan tangan kiri. Karena berdasarkan dari hasil uji coba yang dilakukan, Dvorak memiliki hasil yang lebih efisien antara 10 hingga 10% dibandingkan dengan keyboard Qwerty.

4. Maltron
Berbeda dengan bentuk keyboard pada umumnya, Maltron ini di buat sedikit cekung ke dalam supaya jari-jari penggunanya tida dalam posisi membentuk satu garis lurus. Dengan begitu maka para penggunanya akan merasa nyaman pada jari tangan ketika mengettik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) pada pengguna. Selain itu, jenis keyboard ini juga dinilai mampu meningkatkan keceppatan ketika mengetik karena penggunaan 10 jari bisa dioptimalkan dengan maksimal.

5. Chord
Jenis keyboard Chord ini hanya memiliki beberapa tombol saja yaitu antara 4 sampai 5. Dan jika anda ingin memasukkan suatu huruf maka anda harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Sementara dari segi bentunya sendiri, ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok digunakan untuk aplikasi yang portable. Sedangkan dari segi kecepatan, Chord ini memang lebih unggul karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, tetapu keberadaannya masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

6. Alphabetic
Jika diperhatikan dari penyusunan tombol Alpabetic, Keyboard ini susunannya menyerupai susunan Qwerty atau Dvorak, Hanya saja susunan hurufnya terlihat jelas tersusun seperti urutan alphabet. Keyboard jenis ini banyak dijumpai pada mainan anak-anak untuk memudahkan mereka dalam mengenal huruf alphabet. Sementara dari hasil uji coba yang dilakukan, susunan alphabet tidak memberikan kecepatan dalam pengetikan.

7. Numeric
Keyboard Numeric ini di ciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan pengguna yang menginginkan penggunaan tombol numeric atau numeric keypad yang susunannya bisa memudahkan jangkauan tangan. Keyboard jenis ini biasanya banyak digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas, Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top