Mitos Bahaya Ngecas Laptop Dengan Charger Laptop Lain

Jika berbicara soal laptop, tentunya kita sering mendengar banyak mitos yang beredar seputar perangkat yang satu ini. Dan salah satu mitosnya yaitu tentang masalah pengisian baterai. Benarkah jika laptop kita di cas dengan menggunakan charger laptop lain itu berbahaya ?

Berikut dibawah ini adalah beberapa mitos tetang bahayanya ngecas laptop dengan charger laptop lain :

1.      Spesifikasi Charger

Meskipun mereknya sama namun setiap laptop memiliki jenisnya masing-masing. Mulai dari laptop untuk beraktivitas sehari-hari hingga laptop untuk gaming yang tentunya membutuhkan daya yang lebih besar. Untuk itulah, menggunakan charger dengan spesifikasi yang tidak sesuai bisa membahayakan laptop kita.

Misalnya, jika kita mengisi baterai laptop gaming kita dengan charger laptop biasa, maka tentu saja akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi hingga penuh. Sedangkan jika kita ngecas latop biasa dengan charger laptop gaming maka akan berppotensi merusak baterai dan komponen lainnya.

  1. Charger dengan Laptop Berbeda Merk

Jika berbeda spesifikasi meskipun merk sama saja berbahaya, apalagi jika menggunakan charger yang merknya berbeda dengan laptop kita. Jika hal ini dilakukan maka bisa dipastikan akan membahayakan latop kita.

  1. Beli Charger Murahan

Jika charger laptop original rusak, biasanya banyak sekali orang-orang yang lebih memilih membeli charger murah dan tidak jelas kualitasnya. Dan hasilnya, banyak dari mereka yang harus rela latopnya menjadi korban karena charger tersebut telah merusak komponen latopnya.

Untuk itulah, lebih baik mengeluarkan lebih banyak uang di awal untuk membeli charger original daripada harus mengeluarkan uang yang besar di akhir untuk biaya perbaikan atau membeli laptop baru.

  1. Pengecualian: MacBook

Bagi anda yang memiliki laptop keluaran Apple atau yang biasa disebut MacBook, maka anda tidak perlu khawatir namun anda juga perlu waspada. Karena seri MacBook apapun bisa saling menggunakan charger selama masih bermerk apple.

Tetapi, anda juga perlu waspada akan charger atau perangkat palsu yang beredar. Karena produk Apple memang terkenal sebagai produk yang banyak ditiru. Dan jika salah membeli charger maka bisa-bisa MacBook anda malah rusak.

Itulah beberapa mitos seputar bahaya ngecas laptop dengan charger lain yang ternyata benar-benar terbukti berbahaya. Jadi, mulai dari sekarang, sebaiknya kita tidak coba-coba dan mengambil resiko yang akan merugikan anda di kemudian hari.

 

Sparta Computindo menerima jual beli, lelangan, dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor, Terima Partai Besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?