Pengertian Dan Fungsi Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan privat atau privat network yang menggunakan protokol-protokol internet seperti TCP/IP untuk dapat berkomunikasi dan membagi informasi dalam lingkup tertentu dalam area yang terbatas. Misalnya seperti dalam lungkup kampus, kantor maupun sekolahan.

Ketika mendengar kata intranet, pikiran kita akan langsung tertuju dengan Internet. Namun sebenarnya Intranet dan Internet ini sangat berbeda. Dimana Intranet merupakan bagian kecil dari internet, karena intranet ini hanya dapat mencakup lingkungan yang sangat kecil dan intranet juga tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.

Fungsi Intranet
Intranet sendiri berguna sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dan juga perangkat jaringan lainnya seperti server, switch, printer dan acces point. Namun hanya saja layanannya masih terbatas atau masih dalam lingkup yang kecil.

Manfaat Dan Keuntungan Intranet
– Lebih efisien dalam penggunaan biaya dan waktu.
– Berkomunikasi antar user menjadi lebih mudah.
– Penggunaan perangkat secara bersama-sama.
– Produktifitas kerja menjadi lebih meningkat.
– Informasi dalam lingkup tertentu menjadi lebih mudah untuk didapatkan dan diakses.
– Meningkatnya kerja sama karena adanya hubungan komunikasi antar perangkat.

Kekurangan Dan Kelemahan Intranet
– Lingkup area jaringan yang masih sangat kecil dan terbatas.
– Sering mengalami overload karena terjadinya pengiriman data secara bersamaan.
– Keamanan data yang kurang terjaga.

Itulah artikel tentang pengertian dan fungsi Intranet, semoga dengan keterangan di atas tadi bisa memberikan banyak ilmu bagi kita semua.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top