Pengertian dan Macam-Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Sistem bilangan komputer adalah sebuah cara untuk mewakili besaran yang berasal dari sebuah item fisik. Dan system bilangan menggunakan sebuah bilangan basis atau base otr radix atau dikenal dengan bilangan dasar sehingga menjadi bilangan tertentu. Sedangkan didalam komputer sendiri, terdapat 4 jenis bilangan yang biasanya disebut dengan Desimal (Basis 10), Biner (Basis 2), Oktal (Basis 8) dan Hexadesimal (Basis 16). Dan berikut dibawah ini merupakan penjelasan dari masing-masing sistem bilangan tersebut :

1. Desimal atau basis 10
Desimal atau basis 10 merupakan sebuah system bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan sistem bilangan decimal sendiri mrnggunakan 10 macam symbol bilangan yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9.
Sistem bilangan komputer decimal ini bisa berupa integer decimal atau decimal interger dan bisa juga berupa decimal fraction atau dalam bentuk pecahan decimal.

2. Biner atau basis 2
Biner atau basis 2 adalah suatu system bilangan yang terdiri dari 2 symbol yaitu 0 dan 1. Bilangan biner atau basis 2 ini sendiri di perkenalkan dan dipopulerkan oleh john von Neumann. Sedangkan untuk sistem bilangan modern sendiri di ciptakan oleh Gottfriend Wilhelm Leibniz pada abad ke 17 lalu.

Pada sistem bilangan komputer basis 2 atau binner ini merupakan suatu dasar dari semua sistem bilangan yang berbasis digital. Didalam sistem binner ini, anda bisa mengkonversinya kepada system bilangan hexadecimal atau octal. Dan didalam sistem ini juga biasanya disebut dengan istilah binary digit atau bit.

Pengelompokan binner di dalam komputer ini selalu mempunyai jumlah hingga 8, dengan istilah 1 bita atau byte atau didalam istilah computer 1 byte = 8 Bit.

Sementara, untuk menghitung didalam binner ini sama halnya dengan cara menghitung dengan system bilangan yang lainnya. Yaitu di awalai dengan angka pertama, kemudian angka selanjutnya didalam system bilangan selanjutnya.

Dan didalam system bilangan decimal ini, perhitungannya menggunakan angka 0 hingga angga 9, sedangkan untuk binner hanya menggunakan angka 0 dan 1 saja.

3. Oktal atau basis 8
Octal atau basis 8 merupakan suatu system bilangan komoputer yang terdiri dari 8 symbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6 dan 7.

4. Hexadesimal atau basis 16
Hexa adalah 6 dan decimal adalah 10 yaitu merupakan sebuah system bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0, 1, 2 , 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10, B (11), C (12), D (13), E (14), F (15).

Didalam sistem bilangan komputer hexadecimal ini menggunakan 2 kombinasi antara huruf dan angka. Untuk angka A yaitu mewakili angka 10, dan B mewakili angka 11 dan seterusnya hingga sampai pada huruf F yang mewakili angka 15.

Dan pada system bilangan ini, biasanya di gunakan untuk memberi kan tampilan alamat memory di dalam pemrograman komputer.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?