Pengertian, Fungsi & Jenis-Jenis VRAM

Pengertian VRAM

VRAM atau kepanjangan dari Video Random Access Memory merupakan salah satu komponen yang terdapat pada video card dan berfungsi layaknya sebuah RAM, Namun yang membedakannya yaitu, Jika RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU maka VRAM ini digunakan untuk menyimpan data dari GPU atau Graphical Processing Unit. Dimana data tersebut bisa berupa texture, framebuffer, atau asset lainnya yang diperlukan oleh video card untuk merender suatu gambar sehingga bisa ditampilkan pada layar monitor.

Sementara VRAM sendiri pertama kali ditemukan oleh F.Dill, D.Ling and R.Matick pada penelitian IBM ada tahun 1980 dan kemudian di resmikan pada tahun 1985. Namun sebelum RAM muncul, harga memori yang memiliki ported memang cukup mahal dengan kualitas yang terbatas. Lalu pada akhirnya untuk pertama kalinya, pada tahun 1986 IBM memperkenalkan VRAM secara komersial pada system PC/RT-nya, dan kemudian menjadi standart untuk tampilan grafis.

Fungsi VRAM

Sementara fungsi dari VRAM sendiri yaitu untuk menyimpan semua data grafis yang dibutuhkan oleh GPU untuk merender suatu gambar. Hal tersebut dikarenakan GPU cenderung lebih cepat untuk menarik dari VRAM dibandingkan menarik dari data hard drive atau bahkan dari RAM system.

Selanjutnya, gambar yang masih dalam bentuk data digital tersebut akan terlebih dahulu diproses di GPU dan kemudian ditulis pada VRAM sebelum pada akhirnya ditampilkan ke layar monitor. Kemudian selanjutnya dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital to analog converter (RAMDAC) sampai pada akhirnya bisa tampil di layar computer.

Proses tersebut akan berlangsung dengan sangat cepat sehingga anda tidak akan bisa melihat kedipan pada saat proses pengantian frame. Itu karena VRAM memiliki teknologi dual-ported yang memungkinkan processor menulis gambar selama video card masih membacanya untuk ditampilkan di layar komputer.

Jenis-jenis VRAM

Masing-masing dari setiap sistem ini memiliki kebutuhan yang berbeda dalam penggunaan video memori, sehingga para developer membuat 4 jenis ram yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Berikut di antaranya :
1. Synchronous Graphics RAM (SGRAM)
SGRAM merupakan jenis video random access memory dengan clock yang sudah sinkronisasi dengan kecepatan clock CPU. Data yang diterima akan dimodifikasi dalam satu proses, tidak dengan urutan membaca, menulis dan memperbarui. Dan SGRAM sendiri adalah jenis yang paling murah jika di bandingkan dengan jenis lainnya.

2. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
MDRAM merupakan sebuah video RAM yang dikembangkan oelh MoSys dengan kinerja yang cukup tinggi dan harga yang sedikit mahal. Video RAM jenis ini sendiri bekerja dengan membagi memori ke beberapa bagian menjadi 32 KB kemudian bisa diakses secara terpisah.

3. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
RDRAM merupakan sebuah video RAM yang di kembangkan oleh Rumbus dan merupakan salah satu teknologi RAM yang paling cepat dengan transfer data mencapai 800 MHz. Sementara, RDRAM ini sendiri memunyai bus khususu yang berfungsi untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame buffer.

4. Window RAM (WRAM)
VRAM merupakan sebuah video RAM yang memiliki kinerja yang cukup tinggi, dimana memiliki bandwidth sekitar 25% lebih besar jika dibandingkan dengan video RAM yang biasa.

Itulah beberapa penjelasan tentang VRAM beserta fungsi dan jenisnya. Bagi anda yang hobi bermain game kualitas tinggi, memiliki VRAM adalah sebuah kewajiban, karena semakin besar kapasitas VRAM maka akan semakin banyak dan kompleks gambar atau texture yang dapat diredender oleg GPU, sehingga akan mempercepat kinerja game anda.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?