Pengertian Sistem Operasi Linux

Linux merupakan software open source yang gratis untuk di sebarkan melalui internet di bawah lisensi GNU. Linux sendiri adalah turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer yaitu mulai dari inter x86 hingga RISC.

Dengan lisensi GNU atau Gnu Not Unix, maka anda bisa mendapatkan program yang lengkap dengan kode sumbernya atau source code. Selain itu, anda juga bisa mengcopy sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginan anda atau bahkan mengubah kode sumbernya. Dan itu semua legal di bawah lisensi dari GNU. Meskipun gratis, lisensi GNU juga mengizinkan kepada pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan atau pengiriman program.

Sejarah Linux
Awalnya, Linux dibuat oleh seorang mahasiswa asal Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya, linux adalah suatu proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu suatu sistem UNIX kecil yang dkembangkan oleh Andrew Tanenbaum.

Sementara, Linux versi 0.01 pertama kali dikerjakan sekitar bulan Agustus tahun 1991. Lalu kemudian pada tanggal 5 oktober 1991 Linus mengumumkan versi resmi dari Linux yaitu versi 0.02 yang hanya bisa mengoperasikan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dang cc (GNU C Compiler).

Saat ini, Linux merupakan sistem UNIX yang bisa dibilang cukup lengkap, karena bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software sampai pekerjaan sehari-hari. Saat ini Linux merupakan alternative sistem operasi yang jauh lebih murah jika di bandingkan dengan sistem operasi komersial sepperti Windows 9.x/NT/2000/ME.

Cepatnya perkembangan Linux karena Linux sendiri di kembangkan oleh berbagai macam orang dari seluruh dunia. Dimana keragaman tersebut termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman, dan geografis. Dan melalui internet lah, orang-orang tersebut bisa berkomunikasi dengan cept dan efisien.

Kelebihan Linux
– Bersifat open source, bebas dan terbuka, sehingga tidak membutuhkan biaya tambahan untuk mendapatkannya. Lisensi Gratis dan boleh di ubah sesuai dengan kemauan.
– Saat ini Linux sudah sangat mudah digunakan, jika dahulu pengguna Linux identik dengan hacker maka saat ini orang awam pun sudah banyak yang menggunakan linux.
– Aplikasi linux sudah terdapat pada hampir semua aplikasi yang biasanya dijalankan oleh windows dan sudah dikembangkan oleh komunitas linux.
– Mempunyai pengamanan yang lebih unggul karena didesain multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu mala akan sulit menyebar ke user yang lain.
– Linux ini sangat cocok digunakan pada PC yang memiliki spesifikasi rendah, karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows.
– Linux dapat berjalan di dua mode.
– Jarang terjadi crash atau hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux sekarang lebih stabil.
– Mempunyai komunitas dari berbagai belahan dunia.
– Dan Linux juga memiliki berbagai macam pilihan, diantaranya yaitu Fedora, Ubuntu, Debian, Redhat, Centos, Opensuse, Mandriya dan masih banyak lagi.

Kekurangan Linux
– Banyak user yang binggung karena belum terbiasa menggunakan Linux
– Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu tidak terlalu bsgus.
– Proses instalasinya tidak semudah windows.
– Aplikasi di Linux belum sebaik aplikasi di windows.
– Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like harus belajar terlebih dahulu.
– Struktur direktori dan hak akses akan membingungkan bagi user yang biasanya menggunakan windows.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : CPU Bekas, Lelang Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas Murah, Jual Beli Komputer Bekas, Beli Komputer Bekas

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?