Perbedaan Printer Inkjet, Laser & LED

Printer merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk memudahkan dalam mencetak berbagai file dari komputer seperti dokumen kantor, foto, poster dan lain sebagainya. Bahkan sekarang ini juga sudah ada printer yang mendukung pencetakan file dari Smartphone

Printer sendiri, memiliki 3 jenis yang sering digunakan secara umum, yaitu Inkjet, Laser dan LED. Dan sebelum anda menentukan untuk membeli printer, sebaiknya anda simak beberapa perbedaan jenis-jensi printer tersebut.

  1. Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan, sesuai dengan namanya, pprinter jenis ini masih menggunakan tinta yang tersimpan didalam dua buah cartridge yang masing-masing didalamnya berisi tinta cair berwarna hitam dan tinta campuran.

Alasan orang-orang lebih memilih menggunakan pprinter jenis ini yaitu karena harganya yang relatif murah jika di bandingkan dengan dua jenis printer lainnya, selain itu, perawatannya juga cukup mudah.

Sementara untuk cara kerja dari printer jenis ini sendiri yaitu dengan menggerakan print head yang terdapat didalam printer dan menggunakan semacam motor penggerak untuk menyemprotkan tinta pada kertas yang digtarik roller.

Kemudian, motor tersebut akan berhenti sesaat untuk memberikan kesempatan pada print head untuk menyemprotkan tinta pada jumlah yang sesuai untuk menghasilkan warna sesuai kebutuhan. Lalu motor tersebut akan bergerak lagi.

  1. Printer Laserjet

Sesuai namanya, Printer Laserjet merupakan jenis printer yang menggunakan teknologi laser untuk dapat mencetak file berdasarkan perintah dari komputer. Dan printer jenis ini sendiri bekerja dengan prinsip elektrostatis. Dimana bagian printer yang bernama Photoreceptor Drum akan di isi muatan positif oleh Primary Charging Roller atau PCR, lalu kemudian barulah printer akan menyemprotkan cahaya pada Photoreceptor Drum tadi dengan memanfaatkan cermin yang ada didalam printer sebagai media untuk memantulkan cahaya berbentuk titik-titik yang menghasilkan tulisan atau gambar.

Selain itu, laser ini juga akan secara otomatis mati jika terdapat bagian yang gosong pada kertas yang dicetak.

  1. Printer LED

Printer ini merupakan jenis terbaru namun memiliki cara kerja dan teknologi yang mirip dengan printer laserjet.

Yang membedakan dengan printer laserjet yaitu jika Laserjet menggunakan cahaya yang dipantulkan di cermin untuk mencetak, maka jenis LED ini menggunakan semacam diode yang memancarkan cahaya untuk membakar atau mencetak tulisan atau gambar pada kertas.

Lalu, manakah jenis yang sesuai dengan kebutuhan anda ?

Jika anda menggunakan printer untuk kebutuhan rumah saja, misalnya seperti mencetak file pekerjaan dan gambar. Maka jenis printer Inkjet merupakan pilihan yang tepat karena harganya yang relatif murah.

Namun sebaliknya, jika anda menggunakan printer tersebut untuk keperluan yang lebih banyak, salah satunya yaitu untuk kebutuhan kantor. Maka Printer Laserjet mauoun LED adalah pilihan yang cukup tepat.

Dan satu lagi, sebagai saran. Sebaiknya anda memilih jenis LED, Karena selama ini jenis LED terbilang lebih murah dari pada printer laserjet, karena mengingat komponen yang digunakan oleh laserjet terbilang cukup mahal, misalnya seperti komponen cermin pemantul dan lain sebagainya.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top