Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup

Sekarang ini, perangkat komputer menjadi kebutuhan utama bagi semua orang untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih mudah. Namun seberapa jauhkah anda mengerti soal komputer ? Seperti perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Hibernate, Sleep dan Shutdown ?

Berikut dibawah ini adalah perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Hibernate, Sleep dan Shutdown :
1. Shutdown
Shutdown merupakan cara untuk menghentikan setiap proses yang terjadi ke seluruh komponen komputer secara total. Dimana mode ini memang harus anda lakukan jika anda sudah selesai menggunakan komputer. Apalagi, jika anda ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama, maka cara ini memang yang paling tepat untuk dilakukan.

2 . Sleep
Mode Sleep ini merupakan mode yang akan memerintahkan komputer supaya masuk ke daya yang lebih rendah. Dimana semua komponen akan terputus kecuali RAM. Alasannya karena RAM akan mempertahankan kondisi dari komputer anda sampai anda mengaktifkannya kembali.
Jadi, saat komputer diaktifkan kembali maka layanan dan aplikasi yang telah berjalan sebelumnya akan kembali ke keadaan semula. Selain itu, mode sleep ini juga lebih sering digunakan untuk menghemat daya.

3. Hibernate
Mode Hibernarte ini seenarnya hampir sama dengan mode sleep. Namun mode ini merupakan salah satu cara yang dapat mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang digunakan dengan keadaan mati dalam jangka waktu yang cukup lama. Dimana keadaan sistem akan ditransfer dari RAM ke Harddisk, sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum akhirnya mati total. Bahkan ketika anda ingin menyalakan komputer, anda harus membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada biasanya.

4. Hybrid Sleep
Mode Hybrid Sleep merupakan kombinasi dari mode Hibernate dengan Sleep. Dimana komputer anda akan masuk ke dalam mode daya yang lebih rendah dan kondisi sistem akan disimpan pada harddisk. Keuntungan menggunakan mode ini yaitu jika tiba-tiba rumah anda mati listrik atau mati lampu maka sistem komputer ini akan tetap aman karena sudah disimpan pada harddisk.

5. Fast Startup
Mode Fast startup ini baru saja di luncurkan setelah Windows 10 dirilis. Dimana mode ini sendiri merupakan kombinasi dari proses Hibernate dan Shutdown. Hampir mirip dengan hibernate, sistem komputer yang sedang berjalan akan disimpan pada harddisk, namun hanya mencakup layanan dasar saja yang akan dimuat pada sistem startup.

Dengan begitu, maka aplikasi seperti pemutar musik, pemutar video dan aplikasi pihak ketiga lainnya tidak dapat disimpan melalui mode ini. Sedangkan keuntungan menggunakan mode ini yaitu ketika anda mengaktifkan komputer kembali, maka prosesnya akan jauh leih cepat dari pada dengan normal boot.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?