Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit

Di Indonesia, Windows merupakan sebuah sistem operasi yang paling populer. Sudah banyak para pengguna laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows. Saat ini terdapat banyak jenis Windows yang digunakan di Indonesia, kemudian juga ada basis sistem yang berbeda pada masing-masing windows. Terdapat dua basis sistem yang berbeda pada Windows yaitu 32-bit dan 64-bit. Namun para pengguna tidak memperhatikan hal tersebut karena memang tidak mengetahui perbedaannya. Tetapi sebenarnya kedua basis tersebut dapat mempengaruhi kinerja laptop atau PC.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit :
– Kemampuan dalam memproses data
Perbedaan arsitektur pada windows processor 32-bit dan 64-bit akan mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut. Sebenarnya, angka 32 dan 64 sendiri menunjukkan jumlah data yang dapat dip roses dalam satu kali putaran. Misalnya 32-bit berarti ketika melakukan satu kali proses maka data yang dimuat yaitu sekitar 32-bit. Sehingga dalam satu kali putaran pemrosesan data, Windows processor 64-bit akan lebih cepat dan maksimal.

– Jumlah RAM yang bisa digunakan
Yang membedakan antara windows 32-bit dengan 64-bit yaitu bisa dilihat dari jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Dimana setiap basis sistem memang memiliki batasan yang berbeda-beda. Untuk windows 32-bit biasanya memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dengan 64-bit. Windows 32-bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM yang hanya kurang dari 4GB atau sekitar 3,2GB. Selain itu, kerjanya juga lebih optimal pada saat menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan untuk windows 64-bit bisa membaca hingga lebih dari 4 GB RAM. Dan jika windows 32-bit dipasangkan dengan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca yaitu hanya sampai 3 GB saja karena adanya perbedaan arsitektur processor antara 32-Bit dan 64-bit.

– Performa 32-bit dan 64-bit
Perbedaan basis sistem windows 32-bit dan 64-bit ditentukan oleh kemampuan processornya. Tetapi jika dibandingkan maka teknologi processor 64-bit memang lebih baru dari 32-bit. Windows 32-bit dengan processor 32-bit maka akan memiliki kemampuan dibawah 64-bit. Sehingga kombinasi windows processor tersebut hanya cocok digunakan untuk pekerjaan ringan saja. Sedangkan windows dengan processor 64-bit cocok di gunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing dan lain-lain.

– Kompatibilitas pada software
Kemudian perbedaan yang cukup mempengaruhi yaitu terletak pada kompatibilitas pada software yang bisa digunakan. Dimana Windows 32-bit tidak akan bisa menjalankan software 64-bit sedangkan windows 64-bit bisa leluasa menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Laptop Bekas Jakarta, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?