Tips Membersihkan Layar & Keyboard Laptop Supaya Terlihat Kinclong

Membersihkan laptop merupakan hal yang harus di perhatikan karena dengan perawatan yang baik maka akan sedikit berdampak pada keawetan laptop tersebut. Salah satu masalah yang sering kita abaikan yaitu terdapat banyaknya debu yang menempel pada layar monitor laptop dan juga pada keyboard. Selain terlihat kotor, masalah yang lebih serius juga akan muncul misalnya karena terlalu banyak debu yang menempel pada keyboard, akan menyebabkan salah satu tombol menjadi macet atau sulit ditekan karena debu yang menumpuk pada bagian bawah tombol tersebut.

Untuk menghindari masalah tersebut, maka sebaiknya kita harus membersihkan laptop secara teratur. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk membersihkan Layar monitor dan juga Keyboard laptop :
1. Membersihkan Layar Laptop
– Pastikan Laptop dalam Keadaan Mati
Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada bagian layar laptop, karena ini bisa jadi cukup serius yang akan berdampak pada dead pixel atau titik cahaya yang mati. Selain itu dalam keadaan mati, kotoran pada layar laptop juga akan mudah terlihat.

– Gunakan kain yang memiliki tekstur lembut
Gunakan kain halus seperti kain katun isalnya. Supaya tidak terjadi goresan maupun tertinggalnnya serabut halus seperti jika kita menggunakan handuk untuk membersihkannya. Sementara, kain yang paling bagus untuk membersihkannya yaitu kain yang disertakan ketika membeli sebuah kacamata. Dimana kain tersebut memang didesain khusus untuk membersihkan lensa, jadi pastinya halus dan lembut.

– Gunakan cairan pembersih khusus
Untuk mendapatkan pembersih ini, kita bisa membelinya di toko aksesories komputer dan biasanya kita sudah mendapatkan satu paket alat yang terdiri dari satu botol cairan pembersih khusus, kain halus, dan juga kuas kecil. Hindari menggunakan cairan yang mengandung ammonia, karena bisa membuat layar laptop menjadi menghitam.

– Gunakan screen protector atau anti gores
Hal ini berguna untuk menjaga lapisan utama dari layar monitor, selain itu juga bisa mengurangi dampak seperti goresan yang kemungkinan terjadi pada layar monitor laptop. Bahkan anti gores juga bisa memberikan efek baik yaitu mengurangi pancaran blue light yang bisa merusak mata kita.

2. Membersihkan Keyboard
– Pastikan laptop dalam keadaan mati
Ini bertujuan untuk mencegah keyboard laptop mengalami korsleting karena ketika membersihkan laptop biasanya kita menggunakan pembersih yang berbentuk cair, dan jika tidak berhati-hati maka bisa menyebabkan kerusakan keyboard yang lebih parah.

– Jangan makan maupun minum ketika menggunakan Laptop
Hal ini bertujuan untuk mencegah remah-remah halus makanan yang masuk sehingga akan menyebabkan keyboard menjadi kotor. Dan jika kita sedang minum, dan tidak sengaja tumpah ke atas keyboard maka akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah, bahkan sampai menyebabkan laptop mati, dan tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki atau mengganti keyboard laptop.

– Bersihkan Keyboard dengan kuas kecil
Bersihkan keyboard laptop dengan kuas kecil dalam posisi terbaik, supaya debu tidak masuk kebagian dalam keyboard, Selain itu juga untuk mengurangi debu yang menumpuk pada sela-sela tombol yang ada pada keyboard laptop.

– Gunakan kain lembut yang sudah dibasahi
Untuk membersihkan keyboard, janganlah langsung menggunakan cairan pembersih ke atas keyboard, karena sangat berbahaya dan bisa merusak komponen di dalamnya. Sebaiknya gunakan kain halus yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih lalu bersihkan permukaan laptop sampai bersih, kemudian setelah itu, lap atau bersihkan kembali dengan kain kering.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?