Tips Memilih Flashdisk

Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang berbentuk kecil. Flashdisk ini sangat dibutuhkan karena dapat menyimpan semua data serta bisa dibawah kemana-mana. Saat ini Flashdisk adalah salah satu barang yang sangat populer dan sangat mudah untuk mendapatkannya, selain itu harganya juga cukup terjangkau. Namun, dalam membeli flashdisk, terkadang kita hanya tertarik dengan harganya saja yang murah tanpa melihat merek, kualitasnya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips memilih flashdisk yang baik, benar dan tahan lama :

1. Menentukan Merek Flashdisk
Pilihlah merk flashdisk yang sudah terbukti berkualitas, Di pasaran sendiri, ada banyak sekali merek flashdisk, diantaranya yaitu ADATA, KINGSTON, HP, TRANSCEND, NEXUS, SANDISK, PENDRIVE dan masih banyak lagi. Menentukan merek flashdisk ini tujuan utamanya yaitu berkaitan dengan kualitas, standart produk, dukungan software dan garansi dari flashdisk tersebut.

Sementara untuk menentukan merek yang memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan layanan, yaitu dengan mencari tau melalui internet misalnya lewat forum, blog dan situs jual beli online, dari sinilah kita bisa memilih merek manakah yang paling banyak di review dan direkomendasikan orang lain. Lalu kemudian kunjungi situs website resminya untuk melihat fitur serta yang layanana yang tersedia dari flashdisk tersebut.

2. Menentukan Kapasitas Penyimpanan
Menentukan Kapasitas penyimpanan juga hal yang cukup penting. Pilihlah kapasitas flashdisk yang besar atau sesuai dengan kebutuhan. Sementara jika dilihat dari fungsinya yaitu sebagai media pertukaran data, maka kapasitas flashdisk tentunya tidak harus terlalu besar. Perlu di ketahui bahwa kapasitas flashdisk pun juga bisa saja menipu terutama pada flashdisk yang palsu. Flashdisk ukuran 2GB hingga 4GB saja mungkin saja sudah cukup untuk menyimpan file-file sementara.

3. Kecepatan Transfer data.
Kecepatan transfer data merupakan kecepatan yang dimiliki flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Dan umunya, kecepatan membacanya akan lebih tinggi dara pada kecepatan menyimpan.

Tingkat kecepatan transfer data ini nanti akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub. Sedangkan untuk mengetahui kecepatan transfer data dari USB Flashdisk yaitu dengan cara menggunakan aplikasi USB Flash Benchmark dari usbflashspeed.

4. Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk
Pilihlah Flashdisk dengan desain atau bentuk casing yang kokoh dan bisa melindungi Flashdisk dari benturan jika terjatuh.

5. Fitur Security
Bagi anda yang ingin menyimpan datadata penting dalam Flashdisk maka sebaiknya untuk memilih Flashdisk yang memiliki fitur security hardware encryption seperti yang terdapat pada USB security flash Disk Netac dan Ironkey. Sementara, jika anda ingin menambahkan fitur enkripsi pada flashdisk anda, anda bisa menambahkannya dengan cara menggunakan software proteksi data pada flashdisk, menggunakan enkripsi file dan bisa juga menggunakan aplikasi TrueCrypt.

6. Memperhatikan Keaslian Flash Disk
Memilih Flashdisk yang asli atau original juga merupakan hal yang sangat penting. Sementara jika anda ingin mendapatkan flashdisk yang asli atau original maka anda bisa membelinya di toko yang sudah terpercaya dan jangan mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan.

Itulah beberapa tips tentang cara memilih flashdisk yang baik agar awet dan bertahan lama.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?