Tips Memperbaiki Hardisk Yang Berbunyi / Rusak

Hardisk adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting, Karena Hardisk berfungsi sebagai jantung pada komputer. Jika terjadi kerusakan yang tidak segera di perbaiki maka komputer akan berjalan lambat dan bekerja tidak maksimal.

Dan salah satu contoh kerusakan pada hardisk yaitu menimbulkan bunyi atau suara aneh, tetapi anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya memperbaiki hardisk yang berbunyi yaitu sama halnya dengan memperbaiki kinerja perangkat komputer lainnya seperti memastikan, memeriksa secara sistem, lalu kemudian di butuhkan keberanian untuk membongkarnya.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi :
1. Memastikan Keadaan Hardisk
Sebelum anda mencoba memperbaiki hardisk yang rusak maka anda harus terlebih dahulu memastikan keadaan atau kondisi hardisk komputer anda sendiri. Yaitu dengan beberapa cara di bawah ini :

– Jika terjadi kerusakan pada hardisk biasanya komputer akan menunjukan tanda-tanda tidak biasa terutama pada suara mesin. Dimana mesin komputer menimbulkan bunyi keras bahkan terdengar melengking.
– Jika terjadi kerusakan pada hardisk biasanya komputer akan mengalami proses loading yang sangat lama ketika di operasikan. Hal tersebut terjadi karena hardisk tidak bisa terbaca secara sempurna.
– Jika kerusakan hardisk sangat parah maka komputer tidak dapat masuk ke Windows untuk dioperasikan.
– Hardisk yang rusak tidak akan terdeteksi jika di periksa melalui BIOS, Meskipun hardisk tersebut sudah terpasang.

Jika beberapa hal di atas terjadi maka tidak ada salahnya anda mengambil tidakan cepat yaitu dengan cara membackup data atau mencadangkan data ke tempat lain supaya terhindar dari kehilangan data hardisk yang sama sekali tidak bisa digunakan.

Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Berbunyi
Jika anda ragu dan tidak ingin mengambil resiko, maka hal pertama yang harus anda lakukan ketika mengalami kerusakan hardisk yang rusak berbunyi yaitu dengan membawanya ke tempat servis komputer.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi :
1. Bongkar dan lepaskan hardisk dari komputer lalu kemudian masukkan k etas kantong static dan tutup rapat.
2. Lalu masukkan hardisk yang sudah ada di dalam kantong static tersebut ke dalam lemari es sekitar 20 menit hingga 1 jam.
3. Kemudian keluarkan dan keringkan dengan cara dijemur atau di lap dengan kain kering.
4. Masukkan dan pasang kembali seperti semula ke dalam komputer.
5. Jika hardisk sudah terpasang, maka nyalakan komputer dan lihat apakah hardisk sudah bisa bekerja normal atau tidak.

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan dan hasilnya masih tetap sama atau tidak berhasil maka solusi yang terbaik yaitu mengganti hardisk dengan yang baru.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top