Tips Mengatasi Laptop Lambat Loading Ketika Dinyalakan

Sebenarnya, untuk mengatasi proses loading yang lama ada laptop ketika dinyalakan itu bisa di lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke service center komputer. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dan cara yang aling mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan, dan akan muncul tombol task manager lalu kemudian pilih option task.

Tetapi jika cara tersebut tidak bisa mengatasinya, maka kita terpaksa harus menutup seluruh program dengan menekan tombol power. Jika itu terjadi satu dua kali mungkin tidak masalah tetapi jika terjadi berkali-kali maka kemungkinan sistem atau hardware laptop akan mengalami kerusakan.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah pada laptop yang loadingnya terlalu lama ketika dinyalakan :
1. Terlalu Banyak Startup Aplikasi
Ini adalah point yang paling umum terjadi dan menjadi penyebab utama lambatnya proses loading laptop ketika dinyalakan.

Startup merupakan aplikasi yang di jalankan komputer ketika pertama kali dinyalakan. Jika anda terlalu banyak menginstal anti malware atau program lainnya maka hal tersebut akan membuat laptop menjadi sangat lambat jika program tersebut dijalankan ketika laptop starting.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menekan Win + R dan ketik msconfig. Kemudian masuk ke tab startup dan perhatikan semua aplikasi yang tercentang lalu kemudian unthick atau klik disable all untuk membuat aplikasi tersebut tidak terbuka ketika laptop startup. Dengan begitu maka laptop akan berjalan optimal dan juga ringan tanpa loading yang lama.

2. Memori Penuh
Jika anda terlalu banyak menyimpan data hingga memori penuh maka hal tersebut akan memperlambat proses loading ketika laptop dinyalakan. Maka dari itu, pilihlah data yang memang penting dan hapus data yang tidak penting. Dannjika memang banyak data penting maka sebaiknya simpan back upnya ke dalam hardisk eksternal.

3. Virus
Virus yang menyerang komputer juga bisa menyebabkan sistem menjadi eror atau bahkan membuat lemot proses loading laptop. Virus sendiri bisa datang dari banyak sumber. Maka dari itu anda harus melengkapi laptop anda dengan antivirus yang ampuh namun tidak memberatkan memori penyimpanan pada laptop. Dan jangan lupa juga untuk menscan secara berkala supaya laptop tetap lancar ketika digunakan.

4. Terlalu banyak File temporary
Laptop akan secara otomatis menyimpan beberapa data ke dalam folder temporary ketika kita mengakses internet. Dan jika file temporary terlalu banyak maka akan memperlambat kinerja laptop. Maka dari itu bersihkan segera dengan menggunakan software Ccleaner. Jika Ccleaner sudah terinstal lalu klik analyze dan tunggu sampai proses selesai. Kemudain bersihkan file temp dan klik tombol run cleaner.

5. Menginstall program terlalu banyak
Terlalu banyak menginstal program adalah penyebab yang paling umum loading lambat ketika laptop di nyalakan. Maka dari itu sebaiknya uninstall program yang tidak penting pada control panel atau klik disable supaya software instalan tidak berjalan ketika laptop di nyalakan.

6. Hardisk rusak
Hardisk adalah salah satu komponen yang sangat mempengaruhi kinerja laptop, jika hardisk bad sector maka laptop akan berjalan sangat lambat. Maka dari itu periksa kondisi hardisk, jika hardisk sudah mengalami kerusakan yang cukup parah maka sebaiknya ganti dengan hardisk yang baru.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top