Tips Menghemat Bandwidth Internet

Sekarang ini, penggunaan internet sudah sangat luas, mulai dari yang hanya sekedar untuk mencari hiburan sampai mengetahui berita yang terjadi diseluruh dunia. Bahkan dengan internet kita juga bisa berkomunikasi dengan teman yang jauh tanpa harus mengunjunginya.

Sementara, didalam dunia telekomunikasi, terdapat sebuah istilah yang menunjukan banyaknya konsumsi data pada aktivitas telekomunikasi yaitu Bandwidth. Dimana Bandwidth ini diukur dalam satuan bit per detik atau per second.

Dan pengunaan bandwidth ini berbanding lurus dengan biaya yang akan di keluarkan, sehingga jika kita menggunakan internet secara berlebihan maka kita juga harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu anda harus bisa menghemat dan bijaksana dalam menggunakan bandwidth. Terlebih lagi bagi para pengguna modem yang perhitungan biayanya berdasarkan kuota atau MB dan GB.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips untuk menghemat bandwidth internet :
1.Matikan fitur load image
Untuk mematikannya, Caranya adalah dengan memilih menu Tools > Option > Content > dan hilangkan tanda centang pada bagian Load Images Automatically. Karena dengan mematikan fitur load images tersebut maka akan mengurangi konsumsi file gambar dan tentunya dapat sedikit menghemat bandwidth internet anda.

2. Gunakan Opera Turbo
Jika anda merupakan pengguna Opera Turbo Browser maka tentu saja sudah sangat populer dengan istilah Opera Turbo. Opera Turbo sendiri merupakan sebuah fitur pada opera web browser, dan jika di aktifkan maka akan membuat trafik internet melalui opera server dan di kompres hingga sebelum akhirnya dikirimkan ke komputer kita. Biasanya, halaman web yang telah di kompres, konsumsi datanya menjadi lebih kecil. Sehingga dapat menghemat bandwidth. Selain itu penggunaan Opera Turbo juga dapat mempercepat browsing internet.

Dan untuk mengatur Opera Turbo caranya yaitu dengan klik kanan icon opera turbo lalu pilih Configure Opera Turbo.

3. Gunakan Add-On Adblock Plus
Ketika kita membuah sebuah halaman website sering kali akan muncul iklan-iklan yang dipasang di website tersebut. Biasanya iklan-iklan tersebut akan memberatkan loading halaman web yang kita kunjungi. Oleh karena itu anda harus menggunakan Add On Adblock Plus pada browser anda. Sementara, fungsi dari Add On Adblock Plus sendiri yaitu untuk memblok iklan dan gambar yang muncul ketika sedang loading suatu halaman web.

4. Matikan Setting Update Otomatis
Biasanya ada beberapa aplikasi software yang melakukan update secara otomatis jika komputer terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini biasanya berjalan di background sehingga kita tidak menyadarinya.

5. Non-aktifkan Scanner Link website antivirus
Biasanya pada software antivirus terdapat fitur yang digunakan untuk menscan terhadap link yang dikunjungi. Hal tersebut mungkin tidak akan menjadi masalah jika hanya satu atau beberapa web saja yang di scan tetapi terkadang fitur ini juga menscan link hasil pencarian google. Meskipun fitur ini sangat bermanfaat namun bisa juga membuat loading halaman web menjadi lambat. Oleh karena itu, jika anda merasa web yang akan anda kunjungi cukup aman maka sebaiknya menonaktifkan fitur ini.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top