Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable

Sekarang ini, sudah banyak perangkat yang menggunakan baterai non-removable atau tidak bisa dilepas, tidak hanya pada perangkat smartphone saja tetapi juga pada perangkat laptop juga sudah menggunakan baterai non-removable.

Tetapi tahukah anda tentang cara merawat baterai non.removable yang benar supaya awet dan tahan lama ? Mari kita simak beberapa tips dibawah ini tentang cara merawat baterai laptop non.removable supaya tetap awet dan tahan lama :
1. Periksa Suhu
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa suhu panas yang berlebihan memang menjadi masalah yang menakutkan bagi baterai laptop, Oleh karena itu anda harus menjaga suhu ruangan dan laptop anda pada kondisi yang normal. Selain itu sebaiknya tidak menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, karena bahan dari kasur dan bantal tersebut bisa meningkatkan suhu panas pada laptop.

2. Proses Charge dan Penggunaannya
Sebagian orang mungkin ada yang bertanya, kapan kondisi yang tepat untuk menggunakan laptop melalui daya baterai dan kapan menggunakan laptop menggunakan daya langsung dari listrik. Kedua cara tersebut sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, Anda tidak perlu khawatir untuk mencolok laptop ke listrik seharian penuh ketika menggunakannya. Karena laptop yang terbaru memang sudah dirancang khusus untuk menjaga baterai supaya tidak over charge. Namun meskipun begitu, proses charge juga bisa membuat panas berlebihan, untuk itulah anda harus tetap menjaga posisi dan ventilasi ruangan supaya suhu laptop tetap stabil.

3. Jangan Menghabiskan Baterai Hingga 0%
Perlu anda ketahui bahwa laptop dan baterai memiliki masa pemakaiannya. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa baterai yang digunakan sampai habis memiliki usia yang lebih pendek daripada baterai yang di charge sebelum habis 0%.

4. Pastikan Bahwa Baterai Selalu Diisi
Beberapa produsen perangkat laptop merekomendasikan bahwa baterai harus setidaknya menyimpan 50% hingga 70% ketika disimpan dalam suhu 20 hingga 25 derajat celcius. Dan jika anda ingin mengguakan laptop untuk waktu yang lama maka pastikan bahwa baterainya tetap terisi, karena mengingat baterainya tidak bisa dilepas dari latop.

5. Berapa Lama Baterai Bisa Bertahan?
Jika berbicara mengenai ketahanan Baterai maka jawabanyya berbeda-beda karena setiap merk memiliki daya tahan yang berbeda-beda atau tergantung dari merk laptop tersebut. Ada yang bertahan sampai 18 bulan sebelum akhirnya daya baterainya menurun.

Sparta Computindo menerima jual Beli, lelangan dan borongan komputer, laptop, server bekas ex kantor. Terima Partai besar dan Kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?