Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen utama pada Laptop yang berfungsi sebagai sumber daya. Umumnya, daya tahan pada baterai biasanya memiliki keterbatasan yaitu 100%, laptop bisa menyala hingga 6 jam secara normal. Tetapi jika di gunakan untuk aktivitas kinerja yang tinggi, sehingga akan memakan jumlah RAM yang besar serta kecepatan CPPU yang tinggi maka baterai laptop hanya dapat bertahan sekitar 2 hingga 3 jam saja.

Selain itu, baterai laptop juga memiliki masa pakai, yaitu umumnya sekitar 2 hingga 4 tahun. Jika laptop di gunakan secara normal maka pergantian baterai laptop kemungkinan akan di lakukan pada tahun ke 3 atau ke 5. Biasanya, kerusakan pada baterai laptop yaitu terjadi kebocoran sehingga menyebabkan daya baterai tida bisa bertahan secara normal dan cepat habis. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips atau cara tentang merawat baterai laptop anda supaya bisa bertahan lama. Berikut di antaranya :
1. Jika anda membeli laptop baru, baiasnya baterai tersebut dalam keadaan tidak ada daya atau kosong. Maka dari itu anda harus mencharger terlebih dahulu baterai laptop anda sekitar 4 hingga 8 jam sampai indicator lampu baterai menunjukkan warna hijau.

2. Jika di sekitar anda terdapat colokan listrik, maka sebaiknya lepas baterai dan gunakan colokan listrik tersebut sebagai sumber daya laptop anda. Tetapi jika di sekitar anda tidak ada colokan listrik maka cukup gunakan baterai laptop saja tanpa menggunakan colokan. Itu karena untuk menghindari suhu panas pada latop karena bisa mempersingkat usia baterai.

3. Jangan sampai indicator laptop anda menunjukkan daya baterai tersisa 0%, karena dapat merusak komponen-komponen hardware pada laptop. Maka dari itu, sebaiknya anda setting pengaturan pada baterai laptop untuk menunjukkan indikator jika daya baterai laptop sudah tersisa 10%.

4. Cabutlah charger jika baterai sudah terisih penuh 100%, karena jika di biarkan maka akan berdampak ppada usia baterai.

5. Untuk menghemat daya baterai maka matikan wifi jika anda tidak sedang melakukan browsing.\

6. Settinglah layar tidak terlalu terang, karena jika terlalu terang maka baterai akan cepat habis.

7. Jika anda sedang menggunakan multimedia seperti menonton film atau mendengarkan music, sebaiknya gunakanlah headset. Karena penggunaan speaker bisa menyerap daya baterai akan cepat habis.

8. Gunakan adaptor charger original untuk menghindari kebocoran daya baterai.

9. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop mati atau tidak menyala.

10. Jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang banyak. Itu karena untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Komputer, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Jual Beli Monitor Komputer, CPU Bekas

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top