Tools Yang Harus Dimiliki Oleh Teknisi Komputer

Teknisi komputer merupakan seseorang yang sudah menguasai bidang teknologi, untuk itulah, seorang teknisi harus memberikan dukungan kepada perusahaan atau instansi lainnya. Setiap hari seorang teknisi akan selalu berhadapan dengan pekerjaan mulai dari hardware hingga software. Biasanya seorang teknisi harus mempersiapkan tools atau peralatan yang bisa mendukung atau mendukung pekerjaannya.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tools yang harus dimiliki oleh seorang teknisi komputer :
1. Hand Tools
Hand Tools merupakan sebuah kotak yang di penuhi peralatan tangan yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan. Didalam hand tools sendiri minimal berisi obeng plus dan obeng minus, Berbagai macam jenis tang mulai dari tang pemotong, tang penjepit, tang kombinasi, dan tang cimping RJ 45, Solder, timah dan desoldering pump, pinset, cutter atau gunting kecil serta sebuah senter yang terkadang dibutuhkan.

2. Alat Pembersih Debu
Alat pembersih debu dibutuhkan ketika terdapat debu yang menyumbat atau terdapat komponen yang kotor. Dan untuk membersihkan celah-celah atau daerah yang sulit dijangkau pada bagian komputer biasanya juga dibutuhkan satu kaleng udara terkompresi. Selain itu, para teknisi juga biasanya menggunakan alat yang bernama Dust Blower Air Pump Cleaner Tool yaitu sebuah pompa kecil pembersih debu yang biasanya digunakan untuk membersihkan debu pada laptop.

Sementara, cara lain untuk membersihkan debu tersebut yaitu dengan menggunakan kuas halus. Kuas halus biasanya bisa dikombinasikan dengan Air Pump Cleaner. Namun jika debu atau kotoran yang menempel cukup banyak maka disarankan untuk menggunakan Mini Air Compressor.

3. Alat Pengujian
Peralatan pengujian sangat dibutuhkan oleh teknisi komputer ketika akan melakukan troubleshooting. Peralatan pengujian tersebut antara lain Multimeter, LAN Tester, Power supply tester, Handphone untuk menguji kartu suara, Mouse untuk menguji aksesibilitas, Keyboard fleksibel yang bisa digulung, USB card reader dan yang lainnya.

4. Peripherals atau Peralatan Komputer
Beberapa perangkat dan peripherals juga harus dimiliki oleh teknisi komputer untuk meningkatkan kinerja. Dan beberapa peripherals yang dibutuhkan yaitu VGA Card, Sound card, LAN card, RAM Harddisk eksternal untuk backup data, Kabel sata, Portabel CD/DVD ROM dan lainnya. Dengan adanya peripherial tersebut maka akan sangat membantu mereka ketika melakukan troubleshooting hardware komputer.

5. Anti-Static Sarung tangan atau Strap Wrist
Perangkat selanjutnya yang harus dimiliki seorang teknisi komputer yaitu perangkat anti statis seperti sarung tangan atau tali pergelangan tangan yang terbuat dari bahan anti statis yang portable serta mudah digunakan. Karena Listrik static yang terdapat di dalam tubuh bisa dengan mudah merusak komponen komputer. Sarung tangan anti static ini berfungsi untuk mencegah aliran listrik statis dari tubuh ke komponen elektronik maupun papan PCB, sehingga kemungkinan kerusakan komoponen bisa dihindari. Selain menggunakan srung tangan seorang teknisi juga harus menggunakan gelang static.

6. Software Perbaikan Komputer
Kebanyakan penyebab dari kerusakan komputer yaitu karena terjadi masalah pada softwarenya. Untuk itulah dibutuhkan Software-software yang berguna untuk mendiagnosa atau memperbaiki sistem komputer. Diantaranya seperti CD Installer Windows, CD Hirens, Ultimate Boot CD, Rescue CD seperti AVG Rescue CD atau Kaspersky Live CD serta DVD Driverpack solution yang berisi kumpulan driver.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Beli Komputer Bekas, Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Jual Laptop Bekas Murah

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Kami Sedang Online ?