Virus Berbahaya Yang Disebarkan Melalui WhatsApp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer saat ini, Karena penggunaan Whatsapp sendiri memang cukup mudah. Namun sayangnya, para hacker justru memanfaatkan kepopuleran Whatsapp untuk menyebarkan virus atau malware.

Dan berikut adalah 5 virus atau malware berbahaya yang disebarkan melalui Whatsapp :

1. WhatsApp Gold
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Whatsapp memiliki icon berwarna hijau. Namun tahukah anda bahwa Whatsapp juga memiliki icon berwarna emas?.
Whatsapp Gold sendiri ternyata usaha para hacker untuk menyebarkan virus berbahaya dengan ajakan mengunduh Whatsapp Gold. Dimana pengguna akan mendapatkan pesan ajakan berisi link untuk mengunduh Whatsapp Gold. Dan ketika pengguna terjebak untuk mengakses link tersebut maka saat itulah Smartphone akan terjangkit virus serta serangan siber yang berujung pada pencurian data pribadi.

2. Skygofree
Skygofree merupakan salah satu virus berbahaya yang dapat meretas dan mengintip pesan Whatsapp, serta mengambil foto dengan menggunakan kamera Smartphone tanpa diketahui pengguna. Selain itu, virus ini juga mampu melacak lokasi dan rekaman audio pengguna serta menyusup ke history browser sehingga kemungkinan besar bisa membobol password dan juga data penting lainnya. Tentu saja virus ini sangat berbahaya, apalagi jika anda adalah pengguna yang mengakses internet banking, maka kemungkinan besar hacker bisa mencuri semua isi rekening pengguna.

3. Pesan Organisasi
Mungkin sebagian dari anda pernah menerima pesan berantai dari teman maupun kontak Whatsapp yang disertai perintah untuk membuka Link tertentu. Jika anda menerima pesan tersebut sebaiknya abaikan atau hapus saja pesan tersebut. Karena itu merupakan sebuah virus yang disebarkan para hacker melalui pesan tersebut dengan mengatasnamakan organisasi-organisasi tertentu. Sementara jika anda membukanya, maka pencurian informasi milik pengguna yang tersimpan di Smartphone akan terjadi. Biasanya virus ini dibuat menyerupai format Microsoft Excel, Microsoft Word dan PDF.

4. New Color for WhatsApp
Virus yang satu ini disebarkan melalui pesan Whatsaap yang menjanjikan fitur serta warna baru di Whatsapp bagi para penggunanya. Dan untuk bisa menggunakan fitur tersebut maka penggunakan harus mengirimkan kembali pesan tersebut ke 10 kontak atau 5 grup Whatsapp.

Kenyatannya itu merupakan modus para hacker, karena ketika pengguna melakukan perintah tersebut, maka secara otomastis di smarphone pengguna tersebut akan terpasang berbagai aplikasi dan munculnya notifikasi palsu bahwa smarphone dalam kondisi bahaya. Selain itu, smartphone pengguna juga akan dipenuhi oleh iklan-iklan ketika diklik, dengan begitu maka para hacker akan mendapatkan keuntungan finansial, sementara smartphone pengguna dalam bahaya.

5. WhatsApp Video Calling
Fitur Video Calling di Whatsapp memang sempat digunakan oleh para hacker untuk menyebarkan virus dengan tujuan untuk mencuri data maupun kontak pengguna. Dimana hacker akan menyebarkan pesan palsu untuk mencoba layanan baru Whatsapp dan melampirkan tautan untuk mengunduh file tersebut. Kemudian jika fitur tersebut sudah terinstall maka akan muncul halaman seperti survei online yang akan meminta pengguna mengisi data-data yang diajukan. Maka dari sinilah pencurian data pribadi pengguna akan terjadi. Jika sudah begitu maka hacker akan memanfaatkan data-data tersebut untuk disalahgunakan. Bahkan yang lebih bahaya lagi jika pengguna memasukkan data rekening bank ke halaman tersebut, maka pencurian saldo rekening pun juga akan terjadi.

Sparta Computindo melayani Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Printer Bekas, Jual Beli UPS Bekas, Jual Beli Server Bekas, dan barang bekas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top